AU Ukraina Hancurkan Kapal Rusia di Laut Hitam

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 26 Desember 2023 12:08 WIB
Prajurit Ukraina masih terus berjuang melawan Rusia. (Foto: AFP)
Prajurit Ukraina masih terus berjuang melawan Rusia. (Foto: AFP)

Kyiv, MI - Angkatan Udara (AU) Ukraina pada Selasa 26 Desember 2023 mengatakan, pihaknya telah menghancurkan sebuah kapal armada Rusia di Laut Hitam. Kapal Rusia itu diduga membawa drone untuk digunakan dalam perang Moskow melawan Kyiv.
 
“Kapal pendarat besar Novocherkassk dihancurkan oleh pilot angkatan udara,” layanan tersebut diposting di platform pesan Telegram, seperti dikutip AFP.
 
“Orang-orang mengatakan bahwa pesawat itu mengangkut Shahed,” tambah pesan itu, mengacu pada drone peledak Iran yang biasa digunakan oleh Rusia untuk melawan Ukraina.

Militer tidak merinci di mana serangan itu terjadi, namun komandan angkatan udara Mykola Olechtchouk mengunggah video ledakan api di pangkalan angkatan laut Rusia di Feodosia, di Laut Hitam di semenanjung Krimea yang diduduki.
 
Sergey Aksyonov, pemimpin Krimea yang didukung Kremlin, mengatakan: "Serangan musuh dilakukan di wilayah Feodosia".
 
“Area pelabuhan ditutup. Sampai saat ini, ledakan telah berhenti dan api telah dapat dilokalisasi. Semua layanan terkait telah berada di lokasi. Penghuni beberapa rumah akan dievakuasi,” imbuh Aksyonov.
 
Ukraina sering melakukan serangan di Krimea, khususnya menargetkan militer Rusia. Pada April 2022, kapal penjelajah Moskva tenggelam, kapal andalan armada Laut Hitam.