Gempa M7,5 Guncang Jepang, Pulau di Rusia Waspada Tsunami

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 1 Januari 2024 16:37 WIB
Ilustrasi Gempa (Foto: Ist)
Ilustrasi Gempa (Foto: Ist)

Sakhalin, MI - Pulau Sakhalin di Rusia yang dekat Jepang dan Kota Vladivostok berada dalam status 'waspada' tsunami. Peringatan tsunami dikeluarkan usai gempa dengan magnitudo (M) 7,5 terjadi di Jepang.

Dilansir AFP, Senin (1/1/2024), layanan darurat di Sakhalin menyatakan 'peringatan tsunami' dan mengatakan pantai barat pulau itu 'mungkin terkena dampak gelombang tsunami'.

Pemerintah kota di Vladivostok juga mengumumkan peringatan dan memerintahkan para nelayan untuk 'segera kembali ke pantai'. Belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa Jepang di wilayah itu.

Sebelumnya, Jepang diguncang gempa M 7,5. Badan Meteorologi Jepang pun mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh daerah sepanjang sisi barat Jepang.

Selain itu, lembaga penyiaran Jepang, NHK, melaporkan tsunami telah menghantam wilayah Ishikawa, Jepang. Ketinggian gelombang tsunami itu lebih dari 1,2 meter.

Prefektur Ishikawa masuk dalam kategori 'Major Tsunami Warning' yang ditandai dengan garis ungu. Lokasinya terletak di dekat pusat gempa.

Lembaga penyiaran Jepang, NHK, juga melaporkan warga di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa telah diminta untuk 'segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi'. Pihak berwenang telah memperingatkan adanya gelombang setinggi 5 meter di Noto.

Mereka juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur tetangga Niigata dan Toyama. Otoritas Jepang mengatakan gelombang bisa mencapai 3 meter.

Gempa juga mengakibatkan jalanan utama ditutup. Layanan kereta cepat Shinkansen juga dihentikan sementara akibat gempa.