Gantikan Ratu Margrethe, Frederik X Resmi Jadi Raja Denmark

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Januari 2024 11:07 WIB
Raja Denmark Frederik X dan Ratu Mary Denmark di balkon Istana Christiansborg di Kopenhagen, Denmark, Minggu (14/1). [Foto: Tangkapan Layar]
Raja Denmark Frederik X dan Ratu Mary Denmark di balkon Istana Christiansborg di Kopenhagen, Denmark, Minggu (14/1). [Foto: Tangkapan Layar]
Jakarta, MI - Putra Mahkota Frederik resmi menjadi raja Denmark, pada Minggu (14/1). Frederik pun kini bergelar Raja Frederik X.

Denmark membuka lembaran sejarahnya, ketika Ratu Margrethe turun takhta. Acara penobatan penguasa monarki baru itu, dihadiri 100.000 warga Denmark.

Setelah prosesi terakhir dengan kereta kuda melewati jalan-jalan Kopenhagen, ratu berusia 83 tahun yang sangat populer itu, menandatangani deklarasi turun takhta di Istana Christiansborg. 

Peristiwa penguasa monarki turun takhta ini, merupakan yang pertama kalinya dalam 900 tahun di Denmark. Peristiwa ini juga mengakhiri 52 tahun masa pemerintahan sang ratu, dan secara otomatis menjadikan putranya raja.

Dia kemudian meninggalkan Dewan Negara. Saat meninggalkan ruangan Margrethe meninggalkan ruangan dengan air mata berlinang, sambil berkata,"Tuhan memberkati raja”.

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen kemudian mengumumkan, Frederik yang berusia 55 tahun sebagai raja baru di balkon Istana Christiansborg, yang juga merupakan pusat parlemen dan pemerintahan.

Ini adalah kedua kalinya penguasa Denmark turun takhta, Sebelumnya, Raja Erik III turun takhta hampir sembilan abad yang lalu pada 1146.

Berita Terkait