Ini Daftar Negara dan Organisasi Internasional yang Mengutuk Serangan Balasan Iran ke Israel

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 15 April 2024 14:00 WIB
Ilustrasi Bendera Iran dan Salahsatu Rudal Balistik yang dimiliki negara tersebut (Foto: Ist)
Ilustrasi Bendera Iran dan Salahsatu Rudal Balistik yang dimiliki negara tersebut (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Usai Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran melakukan serangan ke wilayah Israel dengan ratusan rudal dan pesawat tanpa awak (drone kamikaze) pada Sabtu Malam (14/3/2024). 

Berbagai macam respons negatif dari negara-negara mitra dan pendukung Israel, serta organisasi internasional mengecam dan mengutuk agresi militer Iran ke Israel. 

Sedangkan pihakn Irna mengatakan, bahwa tindakan militer Republik Islam Iran menyerang Israel sebagai balasan atas serangan terbaru, yang mematikan terhadap tempat diplomatik Iran di Damaskus, sesuai Pasal 51 Piagam PBB. 

Seperti dilansir Al Jazeera, pada Senin (15/4/2024), berikut daftar Negara-negara dan organisasi dunia yang mengutuk dan mengecam serangan Iran ke Israel:

Argentina

Kantor Presiden Javier Milei menyatakan “solidaritas dan komitmen teguh” kepada Israel dalam menghadapi serangan tersebut.

Ia menambahkan bahwa Argentina “dengan tegas mendukung Negara Israel dalam mempertahankan kedaulatannya, terutama melawan rezim yang mendukung teror”, dan pengadilan Argentina baru-baru ini menyatakan Iran bertanggung jawab atas serangan bom terhadap kedutaan Israel dan pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires pada tahun tahun 1990an.

Amerika Serikat

Presiden Joe Biden mengutuk serangan Iran dan menjanjikan tanggapan diplomatik G7 yang terkoordinasi. Dia mengatakan AS telah membantu Israel menghancurkan “hampir semua” drone dan rudal yang menyerang.

Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih bahwa dia menegaskan kembali dukungan “kuat” AS terhadap keamanan Israel dalam panggilan telepon dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel,” katanya dalam pernyataan itu.

“Besok, saya akan bertemu dengan rekan-rekan pemimpin G7 untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik yang bersatu terhadap serangan berani Iran,” katanya.

AS juga tidak ingin melihat peningkatan konflik di wilayah tersebut dan Biden menjelaskan kepada Netanyahu bahwa Washington tidak akan berpartisipasi dalam tindakan ofensif apa pun terhadap Iran, menurut seorang pejabat senior pemerintah yang tidak berwenang untuk membahas percakapan pribadi tersebut secara terbuka. antara kedua pemimpin tersebut. 

Britania Raya

Perdana Menteri Rishi Sunak menggambarkan tindakan Iran sebagai “sembrono”.

“Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di wilayahnya sendiri,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di X.

“Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak,” tambahnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 

“Saya mengutuk keras eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan skala besar yang dilancarkan Republik Islam Iran terhadap Israel malam ini,” tulis Sekretaris Jenderal Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan.

“Saya sangat khawatir mengenai bahaya nyata dari eskalasi yang menghancurkan di seluruh kawasan. Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah,” tambahnya.

G7

Setelah konferensi video yang diadakan oleh para pemimpin Kelompok Tujuh (G7), presiden Dewan Eropa, Charles Michel, mengatakan kelompok tersebut “dengan suara bulat mengutuk” serangan pesawat tak berawak dan rudal, namun menambahkan bahwa “semua pihak harus menahan diri”.

“Kami akan melanjutkan semua upaya kami untuk berupaya menuju deeskalasi. Mengakhiri krisis di Gaza sesegera mungkin, terutama melalui gencatan senjata, akan membuat perbedaan,” tambah Michel.

Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan di Ottawa bahwa negaranya “dengan tegas mengutuk serangan udara Iran”, dan menambahkan: “Kami mendukung Israel.”

“Setelah mendukung serangan brutal Hamas pada tanggal 7 Oktober, tindakan terbaru rezim Iran akan semakin mengganggu stabilitas kawasan dan mempersulit perdamaian abadi,” tambahnya.

Ukraina

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengutuk serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran, serta menyerukan upaya untuk mencegah eskalasi lebih lanjut konflik Timur Tengah.

“Tindakan Iran mengancam seluruh kawasan dan dunia, sama seperti tindakan Rusia yang mengancam konflik yang lebih besar, dan kolaborasi nyata antara kedua rezim dalam menyebarkan teror harus mendapat tanggapan yang tegas dan bersatu dari dunia,” tulisnya di X.

Uni Eropa

“UE mengutuk keras serangan Iran yang tidak dapat diterima terhadap Israel,” kata diplomat utama UE Josep Borrell dalam sebuah postingan di X.

“Ini adalah peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional.”