Bagheri Kani Ditunjuk Jadi Ketua Komite Internasional Kemlu Iran

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 20 Mei 2024 21:17 WIB
Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Ali Bagheri Kani [Foto: Ist]
Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Ali Bagheri Kani [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Kabinet pemerintah Iran telah menunjuk Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Ali Bagheri Kani sebagai ketua komite internasional Kementerian Luar Negeri Iran, menyusul tewasnya Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dalam kecelakaan helikopter.

Pengumuman tersebut, diumumkan oleh Juru Bicara Pemerintah Iran Ali Bahadori Jahromi pada Senin.

Juru bicara Dewan Penjaga Republik Islam Iran, Hadi Tahan-Nazif mengatakan bahwa menurut Konstitusi, wakil presiden akan mengambil alih jabatan presiden sementara, dengan persetujuan Pemimpin Tertinggi.

Dalam sebuah wawancara pada Senin, Tahan-Nazif mengatakan bahwa dengan persetujuan Pemimpin Tertinggi, sebuah dewan yang terdiri dari ketua kehakiman Iran, ketua parlemen dan wakil presiden akan mengambil tindakan untuk mengadakan pemilihan presiden dalam waktu 50 hari.

Pada Minggu (19/5/2024), Presiden Raisi sedang kembali dari upacara peresmian Bendungan Qiz Qalasi, yang dibangun bersama dengan Republik Azerbaijan, ke Tabriz untuk meresmikan proyek lain ketika helikopternya jatuh di kawasan hutan Dizamar di wilayah Varzaqan antara desa Ouzi dan Pir Davoud.

 

Sumber: IRNA-OANA

Berita Terkait