Arab Saudi Beri Kewarganegaraan Kepada Dokter, Ilmuwan hingga Talenta

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 Juli 2024 10:30 WIB
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi. [Foto: Antara]
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi. [Foto: Antara]

Jakarta, MI - Kerajaan Arab Saudi telah menerbitkan sebuah surat keputusan yang memberikan kewarganegaraan kepada sejumlah ilmuwan, dokter, peneliti, inovator, wirausahawan, serta talenta ternama yang memiliki keahlian dan spesialisasi khusus.

Pengumuman tersebut, sejalan dengan keputusan Kerajaan yang dikeluarkan untuk memberikan kewarganegaraan kepada para ahli dan talenta internasional luar biasa di sektor agama, kesehatan, ilmiah, budaya, olahraga, dan teknologi yang berkontribusi terhadap pengembangan di berbagai sektor di seluruh Kerajaan.

Disebutkan pula bahwa dekret tersebut, sekaligus untuk mendukung pencapaian Visi 2030, yakni menciptakan lingkungan yang menarik, serta memungkinkan investasi dan mempertahankan pemikiran kreatif yang luar biasa.

Keputusan tersebut dikeluarkan, sebagai perpanjangan kepentingan Kerajaan Arab Saudi dalam mendatangkan talenta-talenta terkemuka yang memiliki kompetensi paling menonjol, dan keahlian unik serta spesialisasi dengan bidang berupa tambahan kualitatif terhadap upaya pembangunan Kerajaan di sektor ekonomi, kesehatan, budaya, olahraga, dan inovasi.

Sebelumnya pada 2021, Kerajaan Arab Saudi juga telah mengeluarkan dekret untuk memberikan kewarganegaraan kepada kelompok pertama, yang terdiri atas orang-orang berbakat terpilih di berbagai bidang.

 

Sumber: SPA