Ditembak Warga 20 Tahun, Peluru Menembus Bagian Atas Telinga Kanan Donald Trump

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 14 Juli 2024 1 hari yang lalu
Donald Trump sesaat setelah insiden penyerangan yang terjadi saat kampanye terbuka di Pennsylvania.
Donald Trump sesaat setelah insiden penyerangan yang terjadi saat kampanye terbuka di Pennsylvania.

Pennsylvania, MI - FBI merilis identitas tersangka penembakan Calon Presiden AS Donald Trump saat berkampanye di Butler, Pennsylvania, dalam sebuah rapat umum Partai Republik. Berikut identitas tersangka penembakan Trump yang dirilis FBI.

Donald Trump tertembak di telinga kanannya setelah terjadi baku tembak di rapat umum di Pennsylvania pada Sabtu, sebuah episode suram yang mengguncang kampanye kepresidenan AS.

FBI mengidentifikasi tersangka penembakan yakni Thomas Matthew Crooks, warga lokal berusia 20 tahun dari Bethel Park, Pennsylvania, menurut pernyataan biro yang dikutip oleh beberapa media. Insiden ini dianggap sebagai upaya pembunuhan, dan motifnya belum ditentukan.

Selain Trump yang terluka, seorang peserta rapat umum lainnya juga ditembak dan dibunuh, sementara dua orang lainnya berada dalam kondisi kritis. Penembak, yang melepaskan tembakan dari atap yang tinggi, dibunuh oleh Dinas Rahasia AS, kata pejabat penegak hukum.

Tim kampanye Trump mengatakan dia “baik-baik saja” dan dia masih berencana menghadiri konvensi pencalonan partainya minggu depan di Milwaukee. 

Dalam sebuah postingan di jaringan media sosialnya, Trump menyampaikan belasungkawa kepada keluarga peserta rapat umum yang tewas dan berterima kasih kepada penegak hukum atas tanggapan mereka. “Saya tertembak dengan peluru yang menembus bagian atas telinga kanan saya,” kata Trump dalam postingannya di Truth Social. 

“Saya langsung tahu ada yang tidak beres, saya mendengar suara mendesing, tembakan, dan langsung merasakan peluru menembus kulit. Banyak pendarahan yang terjadi, jadi saya menyadari apa yang terjadi.”