Besok, Bos Hamas Ismail Haniyeh Dikuburkan di Qatar

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 1 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (Foto: Ist)
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Pemakanan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh tak akan dilakukan di tanah Palestina. Ia dilaporkan akan dikebumikan di Doha, Qatar, Jumat (1/8/2024).

Namun sebelumnya jenazah dibawa ke Qatar, upacara pemakaman umum akan lebih dulu dilakukan di Teheran, Iran.

"Haniyeh akan diberikan upacara pemakaman resmi dan umum di ibu kota Iran, Teheran, besok," demikian pernyataan kelompok Hamas, dikutip dari AFP, Kamis (1/8/2024).

"Jenazahnya akan diangkut ke ibu kota Qatar pada hari yang sama," sambungnya.

Salat jenazah akan dilaksanakan di Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahhab, masjid terbesar di Doha, setelah salat Jumat (2/8/2024). Pemakaman akan dilaksanakan di sebuah pemakaman di Lusail, di utara ibu kota Qatar.

"Upacara di Doha akan dilaksanakan dengan kehadiran rakyat dan kelompok serta partisipasi dari para pemimpin Arab dan Islam," tandasnya.

Sebelumnya, Iran mengumumkan tiga hari berkabung menyusul terbunuhnya kepala Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, dalam serangan sejak Rabu (31/7/2024). Hamas dan Iran telah menuduh musuh bebuyutannya Israel, sebagai pelaku.

"Republik Islam Iran mengumumkan tiga hari berkabung publik menyusul mati syahidnya Ismail Haniyeh," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.