Terungkap! Ini Tujuan Israel Bunuh Bos Hamas Ismail Haniyeh

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 6 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Presiden Palestina Mahmoud Abbas [Foto: Anadolu Ajansi]
Presiden Palestina Mahmoud Abbas [Foto: Anadolu Ajansi]

Jakarta, MI - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan pembunuhan kepala biro politik kelompok Hamas, Ismail Haniyeh, dimaksudkan untuk memperpanjang konflik di Jalur Gaza.

"Tidak diragukan lagi bahwa tujuan pembunuhan Haniyeh adalah untuk memperpanjang perang dan memperluas cakupannya," kata Abbas seperti dikutip kantor berita Rusia, RIA, Selasa (6/8/2024).

"Ini akan berdampak negatif pada negosiasi yang sedang berlangsung untuk mengakhiri agresi dan menarik pasukan Israel dari Gaza," tambahnya.

Abbas juga meminta Israel, untuk menghentikan tindakan agresifnya terhadap rakyat Palestina dan untuk mematuhi hukum internasional serta melaksanakan Prakarsa Perdamaian Arab, yang menawarkan Israel kesempatan untuk menormalisasi hubungan dengan tetangga-tetangganya di Timur Tengah dengan syarat pembebasan wilayah Palestina yang diduduki.

Ketegangan di kawasan Timur Tengah meningkat, setelah Haniyeh dibunuh di ibu kota Iran, Teheran, pada Rabu (31/7/2024) lalu, setelah menghadiri upacara pelantikan presiden baru Iran.

Hamas dan Iran menuduh Israel membunuh Haniyeh, sementara Tel Aviv tidak membantah atau mengonfirmasi, akan pertanggungjawaban atas peristiwa itu.

Israel sangat waspada terhadap kemungkinan tanggapan militer dari Iran dan sekutunya di Lebanon, Hizbullah, yang juga bersumpah untuk melancarkan balasan setelah tewasnya komandan seniornya Fuad Shukr dalam serangan udara Israel di pinggiran Kota Beirut pekan lalu.

 

Sumber: Anadolu