Menlu AS Antony Blinken Ucapkan Selamat HUT ke-79 RI

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

Jakarta, MI - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengucapkan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia atas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Blinken melalui pernyataan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

"Pada Hari Kemerdekaan ini, kami menyampaikan harapan terbaik kami untuk rakyat Indonesia," ujarnya.

Blinken mengatakan, seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan bilateral  AS dan Indonesia, kedua negara tetap bersatu dalam memajukan demokrasi, menghormati supremasi hukum, dan persahabatan antarmasyarakat.

Dengan menandai babak baru yang bersejarah dalam hubungan bilateral kedua negara, lanjut Blinken, Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden meningkatkan hubungan AS-Indonesia, menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada November tahun lalu.

Melalui pernyataan tersebut, Blinken juga mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang terpilih sebagai Presiden RI berikutnya.
 
Ia berharap kerja sama bisa diperluas, dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk membina perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik, mengatasi krisis iklim dan transisi energi bersih, dan mendorong transformasi digital Indonesia.

Baik secara bilateral maupun melalui keterlibatan dengan ASEAN, kata Blinken, AS akan terus bermitra dengan Indonesia, untuk mendorong stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.