Golkar Dukung Penuh Menhan Dalam Pembelian Alutsista

  • Whatsapp
Golkar Dukung Penuh Menhan Dalam Pembelian Alutsista
Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Bobby Rizaldi [Foto- MI doc]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Anggota Komisi I Fraksi Golkar, Bobby Rizaldi mengatakan partai Golongan Karya (Golkar) mendukung secara penuh dalam rencana Kementerian Pertahanan (Kemhan) membeli alat utama sistem senjata (alutsista).

Bobby menilai kondisi alutsista yang dimiliki Indonesia untuk saat ini sudah tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita kalau di DPR itu dalam hal kebatinnya pasti mendukung. Tetapi ini tentu juga harus dilandasi oleh alasan-alasan rasional,” ujar Bobby dalam diskusi ‘Investasi Alutsista Demi Proteksi Kedaulatan Nasional di Masa Depan’ secara virtual, Senin (7/6/2021).

Bobby menyebut beberapa alasan DPR mendukung pembelian alutsista, salah satunya alutsista Indonesia secara posturnya sudah tertinggal sejak 1998 hingga 2008. Selain itu, pada periode tersebut tidak ada modernisasi yang dilakukan negara terhadap alutsista yang dimiliki.

“Sehingga ada beberapa senjata yang diawaki itu sudah lewat masa pakainya, tingkat kesiapan rendah yang harusnya itu tingkat kesiapan bisa dilakukan pembelian baru atau ada extended life atau macam-macam istilahnya,” tuturnya.

Berbicara soal pembelian alutsista untuk pemenuhan upaya modernisasi, Kemhan bakal menggunakan dana pinjaman dari luar negeri. Menurut Bobby, hal tersebut lazim dilakukan negara karena memang Indonesia tidak bisa kemudian menggunakan dana dan memproduksinya sendiri mengingat kemampuannya yang masih terbatas.

“Dari dulu emang pembelian alutsista itu pinjaman luar negeri, itu sih tidak ada yang berubah karena kan kita masih belum bisa memiliki teknologi yang setingkat dengan negara-negara produsen dan juga teknologi material kita, kalau kita coba buat dalam negeri itu masih tidak efisien,” tambahnya. (AAS).

#Golkar-Menhan-Alutsista

Pos terkait