Hakim Tolak Eksepsi Rizieq Shihab

  • Whatsapp
Hakim Tolak Eksepsi Rizieq Shihab
Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur.[ist]

Monitorindonesia.com – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menolak eksepsi terdakwa Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Majelis Hakim mengatakan, dakwaan yang disusun Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah memenuhi KUHAP.

“Untuk membuktikan terdakwa melakukan perbuatan atau tidak melakukan perbuatan sebagaimana didakwa JPU maka harus memeriksa bukti persidangan,” kata Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Selain karena dakwaan JPU dianggap sudah usai, poin selanjutnya Pengadilan Negeri Jakarta Timur telah ditunjuk MA untuk mengadili perkara yang menjerat Rizieq Shihab.

“Menyatakan nota keberatan atau eksepsi terdakwa dan penasihat hukum tidak dapat diterima. Menyatakan Pengadilan Negeri Jakarta berwenang memeriksa dan mengadili perkara,” ucapnya.

Oleh karena sidang putusan sela ditolak maka persidangan dilanjutkan ke tahap pembuktian. Sidang akan diawali pemeriksaan saksi-saksi dari pihak JPU pada sidang lanjutan yang dijadwalkan digelar Selasa pekan depan.

“Perkara nomor 226 kembali digelar hari Selasa 12 April 2021 dengan agenda JPU menghadirkan para saksi,” tuturnya.

Pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengaku, telah menyiapkan 10 orang saksi yang akan bersaksi di sidang kasus kerumunan yang menjerat Rizieq Syihab baik kerumunan yang ada di Bandara Soetta (saat penjemputan Rizieq Syihab), kerumunan pernikahan putri Rizieq Syihab dan Acara Maulid Nabi yang diselenggarakan di Petamburan, Jakarta Pusat dan kerumunan yang ada di Megamendung.

“Kami akan siapkan 10 orang saksi, dan kami tidak tahu apakah 10 saksi ini bisa hadir semua Semoga mereka bisa datang dan bersaksi,” ungkap perwakilan JPU dalam sidang Putusan Sela.

Jaksa menyebutkan, ke-10 saksi yang mereka akan dihadirkan untuk bersaksi untuk dua kasus baik kerumunan di Petamburan dan juga Kasus Kerumunan di Megamendung.

Sebanyak 10 Saksi yang diajukan oleh JPU yang akan bersaksi di Kasus hukum RIzieq Syihab terkait kerumunan adalah sebagai berikut: Oka Setiawan cq M Afeno (Senior Manager of Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta), Budi Cahyono, M Soleh, Syafrin Liputo(Kadishub DKI Jakarta), Rianto Sulistyo, Bayu Meghantara, Rusfian, Sabdo Kurnianto (Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI), Ferixon, dan Heru.[Cal]

Pos terkait