Peringati Hari Buruh Di Tengah Pandemi, Disnakertrans DKI Gelar Kegiatan Sosial

  • Whatsapp
hari buruh pandemi-disnakertrans-sosial

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 2021 dengan mengadakan kegiatan positif dalam rangka pemulihan akibat dampak Pandemi Covid-19.

“Peringatan dilakukan salah satunya dengan melaksanakan berbagai kegiatan positif yang juga tetap menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Kegiatan sosial yang digelar untuk turut berpartisipasi meringankan beban pekerja/buruh yang terdampak Covid-19,” ujar Andri, di Jakarta, Sabtu (1/5/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka perayaan May Day 2021 sebagai berikut;

1. Bazar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jakpreneur di pusat perbelanjaan di 5 (lima) Wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta, diselenggarakan melalui kolaborasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta.

2. Pembagian sembako sebanyak 4.644 (empat ribu enam ratus empat puluh empat) paket bantuan sosial dan 575 (lima ratus tujuh puluh lima) sanitary kit kepada pekerja/buruh serta keluarganya yang terdampak pandemi COVID-19, dilaksanakan di Dinas dan masing-masing Sudinakertrans dan Energi;

3. Penyaluran bantuan sosial kepada Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 300 (tiga ratus) paket dalam bentuk kue kering; dan

4. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kementerian Kesehatan RI, KADIN DKI Jakarta, DPP APINDO DKI Jakarta, serta Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, kepada 200 (dua ratus) pekerja/buruh yang dalam pelaksanaan pekerjaannya berhubungan langsung dengan masyarakat sehingga memiliki kerentanan lebih besar untuk terpapar COVID-19.

Seperti diketahui, peringatan Hari Buruh atau May day setiap tanggal 1 Mei merupakan Hari Raya bagi kaum buruh dan pekerja. Pada perayaan tersebut, para pekerja menunjukkan solidaritasnya dengan turun ke jalan Dengan menyuarakan berbagai tuntutan untuk mendapatkan haknya. Diantaranya yaitu hak untuk cuti, delapan jam kerja, hak berserikat, hak untuk mendapatkan pesangon, hak perlindunhan kesehatan, hak untuk mendapatkan hari libur, hingga kesetaraan upah bagi laki-laki dan perempuan. (Zat)

Pos terkait