Helikopter Diserang Tewaskan 9 Pasukan Khusus, Presiden Afghanistan Pecat Mendagri

  • Whatsapp
Helikopter Diserang Tewaskan 9 Pasukan Khusus, Presiden Afghanistan Pecat Mendagri
Ilustrasi kecelakaan Helikopter.

Monitorindonesia.com – Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, memecat Menteri Dalam Negeri, Masoud Andarabi, Jumat (19/3/2021). Pemecatan terjadi karena sang menteri gagal menangkap komandan milisi yang pasukannya diduga menembak jatuh helikopter dan menewaskan sembilan tentara Afghanistan pada Kamis (18/3/2021).

Helikopter itu jatuh di Provinsi Maidan Wardak, saat lepas landas. Sumber di Angkatan Udara Afghanistan serta pejabat Provinsi Maidan Wardak mengatakan, helikopter sempat terkena roket begitu lepas landas. Penyelidikan masih berlangsung.

Kementerian Pertahanan Afghanistan menyatakan, korban tewas helikopter jatuh itu adalah anggota Pasukan Khusus termasuk pilot. Hal itu mendorong Presiden Ghani berjanji untuk menangkap para pelakunya dan menghukum mereka seberat-beratnya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (20/3/2021).

Seorang pejabat senior di Pemerintah Afghanistan mengatakan, Ghani telah menugaskan Andarabi beberapa pekan lalu untuk menangkap komandan milisi, yang juga bertanggung jawab atas sejumlah serangan lain terhadap tentara dalam beberapa bulan terakhir. Sayangnya, tugas itu gagal ditunaikan Andarabi.

Kegagalan itu membuat rentetan serangan terhadap pasukan keamanan Afghanistan semakin menjadi-jadi.

Pemerintah juga sedang mempersiapkan pertahanan menghadapi serangan musim semi oleh gerilyawan Taliban, yang dikhawatirkan mengganggu proses perdamaian.

Pemerintah Afghanistan dan Taliban pada Jumat kemarin sepakat untuk mencoba mempercepat perundingan damai. Hal itu sejalan dengan pembahasan pada pertemuan di Moskow, Rusia, beberapa waktu lalu.[man]

Sumber : Reuters

Pos terkait