Meninggal di Usia 64 Tahun, Ini Perjalanan Karier Jhonny Iskandar

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 10 Mei 2024 14:19 WIB
Penyanyi Dangdut Jhonny Iskandar [Foto: Instagram]
Penyanyi Dangdut Jhonny Iskandar [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air, musisi dangdut legendaris Jhonny Iskandar meninggal dunia, pada Jumat (10/5/2024) di usianya yang ke 64 tahun.

“Innalillahi wainnailaihi raji'un. Telah berpulang seniman hebat, penyanyi Jhonny Iskandar Jumat 10 Mei 2024 pukul 08.45 WIB. Semoga lapang jalanmu menuju keabadian sejati, Bang Jhonny," tulis pengamat musik, Stanley Tulung di akun media sosialnya, Jumat (10/5/2024).

Jonny dikenal sebagai vokalis utama, pendiri dan pimpinan grup musik dangdut jenaka Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR).

Musik aliran dangdut yang dia usung, sangat populer di tahun 1990-an. Bahkan hingga saat ini, penampilan panggungnya masih dinantikan anak muda generasi Z.

Di beberapa pertunjukan skala kecil, hingga festival musik di panggung-panggung besar, penampilan OM PMR selalu memberikan warna yang berbeda dari musik lainnya.

OM PMR bersama Jhony telah berhasil melahirkan karya-karya hits seperti Judul-judulan, Bintangku Bintangmu, Yang Hujan Turun Lagi hingga Boneka India.

Lirik lagu yang nyeleneh serta gaya berpakaian yang unik, menjadikan OM PMR tetap diminati hingga masa kini.

Selain itu, Jhony kerap memainkan alat musik suling dan sisir dalam penampilan panggungnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Pria kelahiran Madiun, 20 Oktober 1959 itu juga terbilang sukses sebagai penyanyi tunggal, dan pencipta lagu misalnya, Aku Bukan Pengemis Cinta.

Ia merupakan mantan suami dari penyanyi Mega Mustika. Keduanya dikarunia dua orang anak, sebelum akhirnya memutuskan untuk bercerai. Kini, Jhony telah menikah dengan Nurhayati Bilqis.