Di hadapan Hakim, Istri SYL Bantah Pakai Skincare: Apa Masih Cocok? Saya Sudah Tua!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 27 Mei 2024 23:49 WIB
Keluarga terdakwa eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi saksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (27/5/2024)
Keluarga terdakwa eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi saksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (27/5/2024)

Jakarta, MI - Istri tersangka eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasim Limpo (SYL), Ayunsri Harahap mengakui penerimaan fasilitas dokter kecantikan Kementerian Pertanian (Kementan). 

Hal tersebut diungkapnya saat hadir dalam sidang untuk memberikan kesaksian pada kasus tindak pidana korupsi dugaan pemerasan dan gratifikasi oleh SYL di Kementan, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Senin (27/5/2024).

"Apakah saudara punya dokter khusus kecantikan? Skincare? Sering? Ada dokter untuk perawatan kecantikan?" tanya Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh.

"Ada, tapi itu dokternya Kementan. Iya," jawab Ayunsri.

Fasilitas tersebut diakui merupakan dokter kulit yang memang disediakan oleh kementerian kepada para karyawan di Kementan, termasuk eks Mentan maupun pasangannya.

Meskipun memiliki fasilitas dokter kecantikan, Ayunsri membantah bahwa penggunaan dana Kementan yang digunakannya untuk pembelian kosmetik perawatan kecantikan.

"Pembiayaan, biaya untuk skincare, perawatan kecantikan itu saudara tahu anggarannya dari mana itu?" tanya Hakim Pontoh.

"Saya tidak tahu" jawab Ayunsri.

"Dalam umur sekian yang mulia, maaf, apa masih cocok skincare? Umur saya sudah tua," tambahnya.

Istri SYL tersebut juga mengakui bahwa ia tidak mengetahui adanya penggunaan dokter kecantikan ataupun pembelian kosmetik perawatan kecantikan yang digunakan oleh anak dan cucunya karena mereka sudah tidak tinggal bersama.

"Saya tidak tahu yang mulia, tinggalnya saja tidak sama-sama. Mereka punya rumah sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya, mantan ajudan SYL, Panji Harjanto menyampaikan kesaksian tentang penggunaan uang hasil tindak pidana yang dilakukan oleh eks Mentan SYL untuk biaya perawatan kecantikan untuk anak perempuannya, Indira Chuta Thita. "Ke Dokter [kecantikan], terus untuk rumah tangga" kata Panji.