Sandra Dewi Diisukan Tersangka Korupsi Timah, Kuasa Hukum: Hoaks!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 6 Juni 2024 17:45 WIB
Sandra Dewi usai diperiksa Kejaksaan Agung (Foto: Dok MI)
Sandra Dewi usai diperiksa Kejaksaan Agung (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI -  Kuasa Hukum artis Sandra Dewi, Harris Arthur membantah isu yang menyebut kliennya telah menjadi tersangka dalam kaitan dugaan korupsi tata kelola niaga timah pada wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk (TINS) periode 2015-2022. Dia mengklaim, Sandra Dewi masih berstatus saksi dalam kasus yang menjerat suaminya, Harvey Moeis.

"Tidak ada itu, kan sudah dipertegas pak Kapuspenkum [Kejaksaan, Ketut Sumedana], tidak ada itu. Itu berita hoaks fitnah yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab" ujar Harris, Kamis (6/6/2024).

Dia mengklaim tak mengetahui detil siapa dan tujuan penyebaran isu status tersangka Sandra Dewi. Meski demikian, dia mengatakan, kliennya tak akan melakukan gugatan hukum terhadap isu yang berkembang di media sosial tersebut.  "Artinya itu biasa dibuat oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang membuat hal-hal itu," kata dia.

Dalam kasus korupsi Timah, suami Sandra Dewi memang menjadi salah satu dari enam tersangka yang juga akan dituntut tindak pidana pencucian uang (TPPU). Hal ini juga yang membuat kejaksaan menelusuri dan melakukan penyitaan terhadap sejumlah aset milik Harvey Moeis dan Sandra Dewi.

Sandra Dewi juga telah menjalani dua kali pemanggilan dan pemeriksaan sebagai saksi. Dia tercatat mendatangi kejaksaan pada 4 April dan 15 Mei 2024. Jaksa mengklaim, butuh mengklarifikasi status harta atau kekayaan yang bisa disita dan menjadi bentuk pengembalian kerugian negara.

Hingga saat ini, Kejagun telah mengkonfirmasi melakukan penyitaan sejumlah aset Harvey Moeis yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi Timah. Beberapa di antaranya Mobil Rolls Royce; Mobil Mini Cooper S Countryman F 60; Mobil Lexus RX300; Mobil Toyota Vellfire; Uang Tunai Rp76 miliar; dan sejumlah rekening.

Penyidik juga tercatat telah memanggil dan memeriksa adik Sandra Dewi atau adik ipar Harvey Moeis, Kartika Dewi (KD), Jumat (31/5/2024). Pada saat yang sama, penyidik juga memeriksa suami Kartika yang berinisial RS.

Penyidik juga sempat memanggil dan memeriksa asisten pribadi Sandra Dewi, berinisial RP, Senin (27/5/2024). Paling terbaru, kejaksaan memanggil dan memeriksa adik Harvey Moeis berinsial MM. Berdasarkan profil keluarga, Harvey memiliki dua saudara kandung yaitu Raphael Moeis dan Mikhael Moeis.