MA Umumkan 12 Nama Lolos Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Juli 2024 20 jam yang lalu
Gedung Mahkamah Agung [Foto: Ist]
Gedung Mahkamah Agung [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Mahkamah Agung (MA) mengumumkan 12 nama yang dinyatakan lolos, dalam Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tingkat Pertama Tahap XXI Tahun 2024.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial sekaligus Ketua Panitia Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tipikor Tahap XXI Tahun 2024, Suharto mengatakan nama-nama yang lolos itu telah melewati tahapan seleksi administrasi, ujian tertulis, asesmen profil, dan wawancara.

"Setelah itu, pengumuman kelulusan y“ang terakhir, yang diumumkan hari ini, dengan jumlah yang lulus 12 orang,” kata Suharto, Senin (15/7/2024).

Berdasarkan dokumen yang diterima, pendaftaran daring Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap XXI Tahun 2024 dilakukan pada 4 Maret–3 April. Sementara itu, seleksi administrasi dilakukan pada 6–8 Mei, ujian tertulis pada 29 Mei, asesmen profil pada 8–9 Juli, dan wawancara pada 10–11 Juli.

"Hasil seleksi yang telah diumumkan tidak dapat diganggu gugat,” demikian tertulis dalam Pengumuman Nomor: 56/Pansel/Ad Hoc TPK/VII/2024 yang ditandatangani Suharto selaku ketua.

Lebih lanjut, Suharto menjelaskan, panitia seleksi akan membuka pendaftaran Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tipikor Tahap XXII. Pendaftaran itu akan dibuka dalam waktu dekat.

“Peserta yang lulus pada Tahap XXI dan XXII akan mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) sertifikasi Hakim Tipikor sebelum pengusulan ke Presiden,” ujar Suharto.

Adapun, rapat penentuan kelolosan akhir dilakukan pada Kamis (11/7). Berdasarkan hasil rapat tersebut, 12 nama yang lolos Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tipikor Tingkat Pertama Tahap XXI Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Andi Saputra - Wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta
2. Lutfi Adin Affandi - Wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta
3. Iryana Margahayu - Wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta
4. Zul Azmi - Wilayah Pengadilan Tinggi Banda Aceh
5. Yusuf Gutomo - Wilayah Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau
6. Muhamad Ibnu Mazjah - Wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta
7. Teguh Suroso - Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang
8. Imra Leri Wahyuli - Wilayah Pengadilan Tinggi Padang
9. Estiningsih - Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang
10. Supraptiningsih - Wilayah Pengadilan Tinggi Bandung
11. Khairul Rizal - Wilayah Pengadilan Tinggi Palembang
12. Abdur Rachman Iswanto - Wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta