Aparat Gabungan Berhasil Duduki Markas KKB di Paniai

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Juni 2024 09:07 WIB
Aparat gabungan dari Satgas Operasi Damai Cartenz 2024, Kodam XVII Cenderawasih dan Polda Papua berhasil menduduki Markas KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai [Foto: Antara]
Aparat gabungan dari Satgas Operasi Damai Cartenz 2024, Kodam XVII Cenderawasih dan Polda Papua berhasil menduduki Markas KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai [Foto: Antara]

Jakarta, MI - Satuan tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengatakan bahwa aparat gabungan yang terdiri dari Satgas Operasi Damai Cartenz, Kodam XVII Cenderawasih, dan Polda Papua, berhasil menduduki markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan bahwa pada Jumat (14/6/2024), aparat gabungan telah menduduki Markas KKB dan menyita sejumlah barang bukti.

"Adapun barang bukti yang berhasil disita yakni tiga pucuk senapan angin, dua amunisi kaliber 5,66 mm, dua amunisi kaliber 7,62 mm, satu unit drone dan remote, dua buah parang," kata Faizal di Timika, Senin (17/6/2024). 

Menurut Faizal, barang bukti lainnya yakni empat sangkur, enam tombak, tujuh telepon genggam, satu buah HT jenis Baofeng, delapan atribut KKB, beberapa dokumen dan peralatan tempur lainnya.

"Benar, kami telah melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur kepada KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai yang selama ini aktif melakukan aksi kriminal sehingga masyarakat sipil yang menjadi korban," ujarnya.

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024, bersama tim aparat gabungan TNI-Polri, lanjut Faizal, telah melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Kabupaten Paniai.

"Penegakan hukum yang tegas dan terukur ini melibatkan personil gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz 2024, Kodam XVII Cenderawasih dan Polda Papua," jelasnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno menambahkan, dalam operasi penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Kabupaten Paniai, pihaknya melibatkan personil gabungan TNI-Polri selama tiga hari sejak 14-17 Juni 2024.

"Kami menegaskan kembali bahwa, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 berkomitmen untuk terus melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Papua," kata Bayu.

Berita Terkait