Ini 5 Calon Kuat Pengganti Megawati di PDI Perjuangan

  • Whatsapp
Ini 5 Calon Kuat Pengganti Megawati di PDI Perjuangan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.[ist]

Monitorindonesia.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku tidak akan mempermasalahkan bila posisinya sebagai ketua umum PDIP digantikan orang lain. Hal itu disampaikannya dalam pidato pada acara peluncuran buku Merawat Pertiwi yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (24/3/2021) lalu.

“Ada pertanyaan kalau suatu saat ibu harus digantikan? Ya monggo wae. Tapi PDIP-nya awas lho. Sepanjang ada republik ini PDIP harus tetap ada sebagai salah satu partai andalan di republik ini,” kata Megawati dalam acara itu.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio mengatakan, sudah waktunya Megawati mempersiapkan penggantinya setidaknya usai 2024. Megawati harus mempersipkan calon ketua umum yang dipercaya dan mampu menjaga marwah partai berlambang banteng itu tetap eksis di perpolitikan nasional.

Hendri menyebut, yang bisa menggantikan sosok Megawati berasal dari trah Soekarno, Trah Megawati dan dari pihak luar yang merupakan kader PDIP. Sebab, PDIP punya sejarah perjuangan kuat yakni trah Soekarno.

“Kalau calon pengganti ketua umum yang mau mengikuti sejarah perjuangan PDIP, dia musti datang dari trah Soekarno. Yang datang dari trah Soekarno itu dibagi dua juga yakni berasal dari kakak dan adiknya Megawati seperti Putih Guntur, Guntur Soekarnoputra. Sementara kalau dari trah Megawati sendiri yang selama ini muncul itu adalah anaknya Prananda Prabowo, Puan Maharani dan Muhammad Rizki Pratama,” ujar Hendri Satrio dalam perbincangan dengan Monitorindonesia.com, Selasa (30/3/2021).

Bila Puan dan Prananda dirasakan belum kompeten memimpin PDIP, satu lagi putra Megawati yang jarang muncul ke publik adalah Muhammd Rizki Pratama. Rizki Pratama bisa jadi alternatif regenerasi Megawati di PDI Perjuangan.

“Kalau ditanya kira-kira siapa yang bisa menggantikan Megawati dari 3 nama itu. Nama yang bisa dipertimbangkan juga adalah Mas Rizki Pratama,” katanya.

Di saat masih sehat setidaknya menjelang tahun 2024, Megawati seharusnya sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan calon penggantinya. Artinya, kata Hendri, sejak awal calon pengganti Mega sebagai Ketua Umum sudah diperkenalkan kepada kader-kader PDIP di tingkat bawah.

“Ya kita mendoakan Ibu Megawati supaya tetap sehat walafiat, tapi memang alangkah baiknya untuk menghilangkan gesekan-gesekan di kemudian hari maka calon penggantinya dipersiapkan sejak awal,” tuturnya.

Kans Puan Maharani juga sebagai ketua umum cukup besar. Puan dinilai sudah punya pengalaman baik di partai, pemerintahan dan legislatif yang kini menjadi ketua DPR.

Begitu juga dengan putra kedua Megawati, Prananda yang juga sudah pengalaman di DPP PDI Perjuangan. Sementara Rizky Pratama selama ini jarang tampil ke publik karena seorang pebisnis.

Sementara dari luar trah Soekarno ada dua calon yang layak memimpin PDIP ke depan. Pertama adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala BIN Budi Gunawan.[man]

Pos terkait