Begini Instruksi Anies Kepada Lurah Untuk Tangani Pemudik Tiba di Ibukota

  • Whatsapp
Forkopimda DKI Gelar Rapat Tertutup di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

Monitorindonesia.com – Arus balik pasca Lebaran cukup mengkhawatirkan lantaran kerap menjadi salah satu penyebab laju penularan virus Corona di Ibukota.

Oleh sebab itu, untuk menekan penyebaran Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewajibkan Lurah untuk memantau warga yang Jakarta yang baru pulang mudik Lebaran.

Instruksi itu tertuang dalam dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Mobilitas Penduduk dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pasca Hari Raya Idulfitri 1442 Hijirah.

“Para lurah melakukan pengendalian skala mikro di lingkungan RT dan RW bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa),” ujar Anies dalam instruksi itu, Rabu (19/5/2021).

Selain itu, pantauan terhadap pemudik tidak hanya terkait pendataan namun memastikan pemudik yang bersangkutan bebas dari Covid-19. Apabila tidak memiliki surat negatif Covid-19 hasil dari pemeriksaan maka untuk memastikan pemudik tersebut bebas dari Covid-19 akan dibawa ke puskesmas guna pengecekan lebih lanjut.

Bagi yang kedapatan Positif, akan dilakukan isolasi mandiri. Aparata setempat yaitu Lurah hingga tingkat RT/RW harus memantau secara rutin mulai pukul 08.00-19.00.

Selain itu, di wilayah yang masuk zona merah atau ditemukan kasus terkonfirmasi positif Corona diatas lima orang, wilayah tersebut akan diterapkan lock down mikro.

“Melakukan prosedur micro lockdown di tingkat RT dalam hal ditemukan konfirmasi positif di atas 5 (lima) rumah/terdapat zona merah,” tandas Anies. (Zat)

Pos terkait