Israel Ingatkan Bantuan untuk Gaza Tak Melalui Militan Hamas

  • Whatsapp
Israel Ingatkan Bantuan untuk Gaza Tak Melalui Militan Hamas
Sebuah blok menara di Gaza, tempat kantor Associated Press runtuh akibat serangan Israel di Gaza. [Foto/Reuters]

Gaza, Monitorindonesia.com – Seorang pejabat pertahanan Israel menyatakan bahwa bantuan untuk membangun kembali Gaza usai perang 11 hari tidak seharusnya disalurkan melalui Hamas yang menguasai wilayah itu. Pejabat Israel ini mencetuskan agar bantuan disalurkan melalui ‘mekanisme’ internasional demi menjangkau langsung warga Gaza.

Seperti dilansir AFP, Selasa (25/5/2021), Israel diketahui menerapkan blokade terhadap Gaza sejak tahun 2007, saat Hamas mengambil alih wilayah itu. Dalam argumennya, Israel menegaskan blokade diperlukan untuk mengisolasi Hamas, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh banyak negara Barat.

Bacaan Lainnya

Pejabat pertahanan Israel yang tidak disebut namanya karena tidak berwenang bicara ke publik soal isu ini, bahwa bantuan kemanusiaan harus dikelola untuk memulihkan Gaza ‘tanpa memberikan ancaman kepada Israel’.

Menurut pejabat Israel itu, penyaluran bantuan harus melibatkan Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat, yang pernah bekerja dengan Hamas sebelumnya dalam penyaluran donasi untuk Gaza.

Seruan ini disampaikan sehari sebelum Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mengunjungi kawasan Timur Tengah.

Presiden AS, Joe Biden, sebelumnya menyatakan bahwa kunjungan Blinken juga bertujuan mengatur ‘upaya internasional terkoordinasi demi memastikan bantuan segera mencapai Gaza dalam cara yang menguntungkan orang-orang di sana dan bukan Hamas’.

Hamas telah menembakkan lebih dari 4.000 roket dari Gaza ke Israel, namun hanya beberapa yang sampai ke negeri Yahudi tersebut. Kubah besi Israel mampu menangkis roket-roket militan Hamas di langit Gaza.[Yohana RJ]

Pos terkait