Jam Makan yang Baik Agar Tubuh Senantiasa Sehat

  • Whatsapp
Jam Makan yang Baik Agar Tubuh Senantiasa Sehat
[Foto-linisehat]

Monitorindonesia.com – Menurut hasil penelitian dari National Center for Biotechnology, waktu makan yang baik sangat berperan penting dalam mengendalikan berat badan dan menurunkan risiko obesitas.

Makan di waktu yang tidak tepat akan berpotensi merugikan kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit. Sayangnya, tidak semua orang tahu kapan jam makan yang baik sehingga penting untuk memahami jadwal jam makan yang baik.

Bacaan Lainnya

Sebetulnya tidak ada ketentuan jam makan yang baik bagi setiap orang. Sebab, masing-masing individu memiliki kebiasaan dan pola makan yang berbeda. Namun, kita dapat mengupayakan untuk memiliki jam makan yang teratur setiap harinya. Selain itu, sangat disarankan untuk makan 3 kali sehari dalam porsi yang wajar supaya tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan panduan dalam menentukan jam makan yang baik :

Sarapan dalam waktu 2 jam setelah bangun tidur

Sebagian orang kerap melewatkan sarapan meski waktu makan ini memiliki banyak manfaat. Sarapan dapat meningkatkan energi, mengendalikan nafsu makan, membuat Anda merasa kenyang, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta menurunkan berbagai risiko penyakit.

Jam Makan yang Baik Agar Tubuh Senantiasa Sehat
[Foto-cosmopolitan]
Waktu sarapan yang baik adalah sekitar pukul 7-9 pagi, atau dalam waktu 2 jam setelah bangun tidur. Semakin cepat sarapan setelah bangun tidur, semakin baik dampaknya bagi metabolisme tubuh.

Pada waktu sarapan yang baik ini, tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih cepat dan lebih efektif. Pilihlah menu sarapan yang sehat dan bernutrisi, misalnya sereal gandum utuh, buah-buahan segar, telur rebus, roti gandum utuh, smoothie, atau yogurt.

Makan siang dalam waktu 4-5 jam setelah sarapan

Setelah mengetahui waktu sarapan yang baik, mari kita beralih ke waktu makan siang yang tepat. Makan siang sebaiknya dilakukan sekitar 4-5 jam setelah sarapan. Misalnya, jika sarapan pukul 7, maka jam yang baik untuk makan siang adalah sekitar pukul 11-12 siang.

Jam Makan yang Baik Agar Tubuh Senantiasa Sehat
[Foto-sdsukarnohatta]
Namun, apabila tidak bisa makan hingga jam 2 siang, makanlah camilan di antara dua waktu tersebut atau sekitar 3-4 jam setelah sarapan. Camilan dapat membantu menunda rasa lapar. Pastikan mengonsumsi menu makan siang yang sehat dan bergizi seimbang, tepatnya terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, makanlah dengan porsi yang cukup.

Makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur

Jam makan malam yang baik disarankan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Misalnya, jika tidur pukul 10 malam, maka jam makan yang tepat adalah sekitar pukul 7. Alasannya, makan mendekati waktu tidur dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga risiko Anda terkena diabetes pun meningkat.

Selain itu, makan dekat jam tidur dapat menyebabkan asam lambung naik, terutama jika cepat-cepat berbaring setelah makan. Berat badan pun bisa naik karena makan terlalu malam dapat meningkatkan lemak tubuh dan mengganggu ritme sirkadian tubuh.

Jam Makan yang Baik Agar Tubuh Senantiasa Sehat
[Foto-cashbac]
Sebagian orang mungkin perlu ngemil di antara waktu makan siang dan makan malam. Jadi, konsumsilah camilan sehat setidaknya 3-4 jam setelah makan siang. Bukan hanya jam makan yang baik, asupan makan malam pun tidak boleh sembarangan.

Di samping menerapkan pola makan yang sehat, pastikan juga berolahraga secara teratur, minum cukup air putih, tidur dengan cukup, berhenti merokok, dan batasi konsumsi minuman beralkohol. Ini semua dapat membantu menjaga kesehatan dengan baik sehingga mencegah Anda terkena berbagai penyakit.

Sumber : National Center for Biotechnology & sehatq

Pos terkait