Jenis-jenis Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun

  • Whatsapp
Jenis-jenis Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun
[Foto-hilo-school]

Monitorindonesia.com – Anak usia 5 tahun sudah memiliki kemampuan yang luar biasa dalam belajar dan sudah mampu membayangkan menjadi orang lain dan berfantasi memerankan berbagai profesi, misalnya pilot, polisi, dokter, atau koki.

Anak usia 5 tahun juga mulai bisa mengendalikan emosinya dan lebih siap dalam mengatasi masalah atau konflik yang dihadapinya. Ini merupakan saat yang tepat bagi orang tua untuk memperkenalkan berbagai jenis keterampilan dan pengetahuan baru lewat mainan edukasi.

Berikut adalah sejumlah jenis mainan edukasi anak 5 tahun :

1. Mainan dengan berbagai ekspresi emosi

Beberapa jenis mainan yang menunjukkan ekspresi, seperti buku cerita interaktif, menempel stiker ekspresi, mainan emoticon atau benda-benda dengan gambar wajah, merupakan mainan edukasi anak 5 tahun yang bisa Anda pilih.

Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun-Mainan dengan berbagai ekspresi emosi
[Foto-alicdn]
Pada usia ini, anak-anak umumnya lebih banyak bersosialiasi sehingga penting bagi mereka untuk bisa mengenali emosi dan ekspresi. Jenis mainan anak 5 tahun ini dapat membuat anak belajar mengenali emosi dirinya sendiri dan orang lain, serta bagaimana cara mengekspresikannya dengan tepat.

2. Mainan yang membuat anak banyak bergerak

Anda bisa memilih bola basket, sepak bola, papan keseimbangan, atau sepeda sebagai mainan edukasi anak 5 tahun. Berbagai jenis mainan ini dapat melatih ketangkasan, kesehatan, dan kekuatan fisik anak.

Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun-Mainan yang membuat anak banyak bergerak
[Foto-bukalapak]
Namun, pastikan anak dalam pengawasan dan menggunakan pelindung tubuh yang diperlukan saat memainkan mainan anak 5 tahun ini untuk menghindari risiko cedera.

3. Mainan untuk bermain peran

Anak usia 5 tahun sudah bisa berperan sebagai orang lain. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anak bermain bermain peran dengan menggunakan mainan edukasi anak 5 tahun, seperti mainan boneka, tokoh kartun, atau peralatan simulasi profesi tertentu.

Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun-Mainan untuk bermain peran
[Foto-bp.blogspot]
Dengan menggunakan mainan anak 5 tahun yang tepat, mereka bisa belajar bercerita, bersosialisasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah.

4. Mainan berkreasi

Ada banyak jenis mainan berkreasi yang bisa dimainkan. Mainan set manik-manik untuk membuat gelang, kalung, atau hiasan lainnya, cocok dijadikan mainan anak perempuan 5 tahun.

Sementara itu, jenis-jenis mainan berkreasi, seperti menyusun mainan dari potongan-potongan plastik untuk dibentuk robot, mobil-mobilan, dan lain sebagainya, bisa dijadikan mainan anak laki-laki usia 5 tahun.

Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun-Mainan berkreasi
[Foto-cdns.klimg]
Ada pula jenis mainan berkreasi yang bisa digunakan oleh anak laki-laki dan perempuan, misalnya lego, play doh, lilin, tanah liat, balok aneka bentuk, atau kertas origami, yang dapat dibuat menjadi berbagai macam benda sesuka hati.

Mainan edukasi anak 5 tahun ini dapat merangsang kreativitas anak dan melatih kemampuan motorik halus pada jari mereka supaya lebih kuat, terampil, serta cekatan.

5. Mengenal dan merawat makhluk hidup

Mengenal asal-usul sayur-mayur dan belajar merawat hewan peliharaan dapat melatih anak usia 5 tahun untuk bertanggung jawab. Anda bisa membelikan bibit sayur-mayur untuk dirawat sebagai mainan edukasi anak 5 tahun. Pilihlah bibit yang tidak memerlukan banyak perawatan sehingga tidak merepotkan Anda dan anak.

Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun-Mengenal dan merawat makhluk hidup
[Foto-dexecure]
Selain itu, jika Anda belum bisa mempercayakan anak untuk merawat hewan peliharaan, ada beberapa mainan simulasi merawat hewan atau buku interaktif tentang hewan. Mainan anak 5 tahun ini dapat mengajarkan mengenai usaha untuk mengenal dan merawat makhluk hidup.

Anak usia 5 tahun umumnya sudah bisa memilih sendiri jenis mainan yang ingin atau tidak ingin dimainkannya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengajak si kecil berdiskusi tentang jenis mainan yang ingin dibelinya sekaligus menimbang kekurangan dan kelebihannya bersama-sama.

Sumber : Sehatq

#Mainan Edukasi Anak Usia 5 Tahun

Pos terkait