Jepang Akan Membuang Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut, China Marah

  • Whatsapp
Jepang Akan Membuang Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut, China Marah

Fukushima, Monitorindoensia.com – Tindakan pembuangan air limbah ini sudah lama direncanakan tetapi ditunda dalam beberapa tahun karena faktor keamanan yang ditolak keras oleh warga lokal dan negara tetangga Jepang.

Jepang akan mulai membuang air limbah akibat kerusakan nuklir radioaktif air di Fukushima dalam jumlah lebih dari satu juta ton air ke dalam lautan Pasifik selama dua tahun.

Bacaan Lainnya

Program ini ditolak keras oleh para nelayan lokal, warga setempat dan negara tetangga seperti China dan Korea Selatan yang meminta konsultasi lebih lanjut perihal perencanaan pembuangan air limbah nuklir tersebut.

Keputusan ini sudah lama diambil tapi ditunda bertahun-tahun karena alasan keamanan dan banyaknya protes terhadap rencana tersebut yang menurut rapat kabinet kementerian itu merupakan pilihan yang paling tepat.
Air sudah disimpan ke dalam tank di kawasan Fukushima Daiichi sejak 2011 ketika terjadi gempa hebat dan tsunami merusak mesin reactor dan pendingin air sehingga terkontaminasi dan mulai bocor.

Operator pabrik, Tokyo Electric Power Co (TEPCO) mengatakan bahwa kapasitas penyimpanan akan penuh pada akhir tahun depan.

Perdana menteri, Yoshihide Suga menuturkan bahwa pembuangan air limbah ke laut adalah cara yang paling tepat sehingga bisa membuang air yang sudah tidak tertampung supaya pembangkit nuklir Fukushima diharapkan bisa beroperasi dalam beberapa dekade.

TEPCO dan pemerintah menjelaskan bahwa zat tritium tidak berbahaya dalam jumlah yang sedikit tidak bisa dipisahkan dari kandungan air tetapi semua radionuklida yang dipilih bisa dikurangi pada saat proses pembuangan. [Yohana RJ]

Sumber :  SKY News

Pos terkait