Jet Tempur Nigeria Hilang, Boko Haram Sebut itu Serangan

  • Whatsapp
Jet Tempur Nigeria Hilang, Boko Haram Sebut itu Serangan
Jet tempur Nigeria hilang pada Jumat (2/4/2021).

Monitorindonesia.com – Pihak berwajib mengungkapkan sebuah jet tempur hilang kontak beberapa hari yang lalu di wilayah bagian Borno pada saat melakukan misi bantuan terhadap pasukan darat.

Kelompok jihad Boko Haram merilis sebuah video pada hari Jumat (02/04/2021) yang mengungkapkan bahwa jet tempur tersebut ditembak menurut SITE Intelligence Group yang mengawasi kegiatan kelompok para jihad.

Video tersebut menunjukkan tampilan pesawat tempur yang meledak di udara dan juga menampilkan seseorang yang diduga pilot dari pesawat tempur Boko Haram tersebut berbicara dengan bahasa lokal Hausa. Tulisan The Nigerian Air Force pada pesawat sesuai dengan nomor pendaftran Alpha-Jet yang sebelumnya hilang pada saat tempur pada hari Rabu (31/03/2021) tutur Angkatan Udara.

Juru bicara angkatan udara, Perwira Edward Gabkwet mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa Alpha-Jet hilang kontak radar di wilayah bagian Borno pada saat melangsungkan misi larangan untuk membantu pasukan angkatan darat.

Angkatan Udara mengatakan bahwa Jumat (02/04/2021) pesawat dengan dua anggota kru kemungkinan mengalami kecelakaan dan menambahkan bahwa usaha pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan.

“Intinya, NAF tidak mengesampingkan apapun terkait dengan kejadian ini. Kita tetap berharap bahwa kru akan segera ditemukan dan diselamatka” menurut Angkatan Udara.

Boko Haram telah membunuh puluhan ribu jiwa dalam kurun waktu lebih 10 tahun pemberontakan yang tersebar di wilayah Kamerun, Chad dan Nigeria. Kelompok jihad yang menetap di Nigeria pada saat 2014 juga mengatakan penembakan pesawat tempur angkatan udara Nigeria.[Yohana RJ]

Sumber : VOA

Pos terkait