Jhony Allen Gugat AHY Rp 55,8 Miliar

  • Whatsapp
Jhony Allen Gugat AHY Rp 55,8 Miliar
Sekjen Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun. [ist]

Monitorindonesia.com – Senior Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun menggugat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Proses sidang gugatan mulai berjalan sejak Rabu (17/3/2021).

Jhoni Allen menggugat AHY atas pemecatannya dari Partai Demokrat dan Pergantian antar waktu di parlemen. Jhoni pun menggugat AHY bersama Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

Bacaan Lainnya

Kuasa hukum Jhoni Allen, Slamet Hasan mengatakan, kliennya menuntut AHY untuk membayar ganti rugi atas pemecatan tersebut sebesar Rp 55,8 miliar.

“Jadi kerugian materielnya Rp5,8 miliar. Kemudian ganti rugi imaterielnya Rp 50 miliar,” kata kuasa hukum Jhoni Allen, Slamet Hasan, di PN Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2021).

Slamet menjelaskan, pemecatan kliennya oleh AHY dari Partai Demokrat berimplikasi terhadap keanggotaan kliennya di DPR. Sebab, status Jhoni Allen sebagai anggota dewan dapat dicopot jelas menimbulkan kerugian.

Jhoni juga mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum ke PN Jakpus karena pemecatan kliennya oleh AHY dan kawan-kawan tidak sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Demokrat.
Berdasarkan AD/ART Partai Demokrat, anggota partai yang diduga melakukan pelanggaran seharusnya dilaporkan ke Dewan Kehormatan Partai.

Dewan Kehormatan Partai Demokrat seharusnya memanggil anggota itu untuk dimintai keterangan, dan klarifikasi. Anggota tersebut pun memiliki hak untuk membela diri dan mekanisme itu tidak berjalan dalam proses pemecatan.[man]

Pos terkait