Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Seharga Rp 901 M

  • Whatsapp
Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Seharga Rp 901 M
Bendungan Tukul (Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Jakarta, Monitorindonesia.com – Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Tmur diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (14/2/2021). “Dengan mengucap Bismillahirrohamanirrohim, Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, saya resmikan pada hari ini,” kata Jokowi dalam peresmian tersebut.

Dijelaskan Jokowi, Bendungan Tukul mampu menampung air hingga 8,7 juta meter kubik. Dengan demikian, akan bermanfaat untuk mengairi lahan persawahan seluas 600 hektar. Menjadi sumber air baku hingga 300 liter per detik.

Hingga pengendalian banjir. Juga akan meningkatkan indek pertanaman, dari satu kali tanam padi dan satu kali palawija, menjadi 2 kali tanam padi dan satu kali tanam palawija.

Bendungan Tukul, yang pembangunanya dimulai sejak tahun 2015, menghabiskan anggaran hingga Rp. 901 Milyar. Tahun Anggaran 2019 saja, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan hampir Rp. 300 Milyar untuk menyelesaikan bendungan tersebut.

Selain Bendungan Tukul, terdapat 6 bendungan lainnya yang sedang dibangun di Jawa Timur. Keenam bendungan itu adalah Bendungan Tugu dan Bendungan Bagong di Trenggalek, Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Gongseng di Bojonegoro, dan Bendungan Semantok di Nganjuk.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Bendungan Tukul menjadi infrastruktur untuk penguatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Pacitan. “Karena bisa menyuplai irigasi 600 hektare, air baku 300 liter per detik, dan potensi energi listrik untuk wisata dan konservasi,” kata dia.[MI]

Pos terkait