Kabinda Papua Tewas, Mahfuz Sidik: Terjunkan Satuan Khusus untuk Tanggani KKB Secara Tuntas

  • Whatsapp
Kabinda Papua Tewas, Mahfuz Sidik: Terjunkan Satuan Khusus untuk Tanggani KKB Secara Tuntas
Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Putu I Gusti Putu Danny Nugraha.

Monitorindonesia.com – Tewasnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu I Gusti Putu Danny Nugraha dalam peristiwa kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), harus ditanggapi serius oleh pemerintah. karena peristiwa itu menunjukan adanya eskalasi kriminalitas yang terstruktur di Tanah Cendrawasih tersebut.

Harapan ini disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPN Partai Gelora Indonesia, Mahfuz Sidik dalam keterangan pers tertulisnya, Senin (26/4/2021), menanggapi tewasnya Kabinda Papua tersebut.

Bacaan Lainnya

Karenanya menurut Mahfuz, jika pemerintah konsisten mengidentifikasi pelaku sebagai KKB, maka penegakan keamanan dan hukum harus dilakukan secara terstruktur, tegas dan tuntas. Artinya, pihak Kepolisian harus secara terstruktur menyelesaikan persoalan KKB ini hingga tuntas.

“Termasuk proses penegakan hukumnya melalui peradilan,” tambah mantan Ketua Komisi I DPR RI itu lagi.

Dalam kesempatannya itu, Mahfuz juga mencermati bahwa aksi KKB yang menewaskan Kabinda Papua tersebut, menggunakan jenis senjata tempur dan memakai pola kejahatan klandestin ala mafia.

“Sehingga, yang harus diterjunkan oleh Kepolisian juga adalah satuan khususnya (elite),” ucap dia seraya mengingatkan, bila kasus kematian Kabinda Papua tidak ditanggapi serius dan diselesaikan secara tuntas terhadap keberadaan KKB, maka diprediksi eskalasi kriminalitas akan terus meningkat.

Seperti diberitakan, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur setelah terlibat kontak tembak dengan KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021), sekitar 15.50 WIT. Jenderal bintang satu itu gugur lantaran terkena tembak pada kepala bagian belakang.

Brigjen TNI Danny terlibat dalam tembak-menembak saat dihadang KKB. Penghadangan ini terjadi ketika iring-iringan Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri tengah melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Di tengah perjalanan, tiba-tiba KKB melakukan penghadangan dan kontak tembak keduanya tak terelakan. Kabinda yang terlibat dalam aksi tembak-menembak pun gugur. (Ery)

Pos terkait