Terlibat Narkoba, Kemenkum HAM Riau Pecat 17 Pegawai

  • Whatsapp
Terlibat Narkoba, Kemenkum HAM Riau Pecat 17 Pegawai
Ilustrasi penjara.

Jakarta, Monitorindonesia.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Riau memecat sebanyak 17 pegawainya yang terlibat jaringan narkoba. Sementara itu, enam di antaranya dikirim ke Nusakambangan.

“Tidak hanya untuk warga binaan, tindakan tegas juga kita diberikan kepada petugas yang terindikasi terlibat dengan narkoba. Sebanyak 17 petugas telah berhentikan, dan terakhir enam orang telah dikirim ke Pulau Nusakambangan,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, Senin (22/2/2021).

Ibnu menegaskan, perang dan pemberantasan narkoba dalam Lapas dan Rutan di Riau tidak hanya slogan, tetapi juga diimplementasikan demi terwujudnya pemasyarakatan maju.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Irjen Reynhard menambahkan bahwa seluruh jajaran pemasyarakatan harus bisa menjaga marwah institusi. Petugas Lapas dan Rutan seperti sipir diminta tidak terpengaruh bisnis terlarang dalam penjara.

Petugas juga diminta tidak takut dengan intimidasi dari pihak manapun juga.

“Apabila ada pengkhianat dari dalam pemasyarakatan maka kewajiban kita bersama untuk menindaknya. Bila ada gangguan di pintu utama Lapas atau Rutan dari petugas-petugas lain maka saya yang orang terdepan menghadinya,” katanya.[man]

Pos terkait