Kasus KM 50, Kapolri Minta Kabareskrim Jalankan Rekomendasi Komnas HAM

  • Whatsapp
Kasus KM 50, Kapolri Minta Kabareskrim Jalankan Rekomendasi Komnas HAM
Kabareskrim Komjen Agus Adrinanto.[dok]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi melantik Komjen Pol Agus Andrianto menjadi Kabareskrim Polri. Kapolri meminta agar Kabareskrim segera melaksanakan sejumlah tugas seperti pengawalan Pemulihan Ekonomi Nasional, penanganan Satgas Pangan, mafia tanah, UU ITE, hingga kasus dugaan penyerangan laskar FPI kepada polisi di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

“Siang ini secara resmi bapak Kapolri sudah melantik saya sebagai Kabareskrim, tadi beliau sudah menyampaikan kepada seluruh pejabat yang melaksanakan pelantikan maupun serah terima. Khusus kepada Kabareskrim beliau menekankan bahwa untuk bisa mewujudkan transformasi Polri di bidang penegakan hukum untuk mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan menuju Polri yang presisi,” ujar Agus kepada wartawan usai dilantik di Mabes Polri, Jakarta,, Rabu (24/2/2021).

Menurut Agus, Kapolri menekankan beberapa hal terkait pengawalan Pemulihan Ekonomi Nasional, Satgas Pangan, masalah mafia tanah, UU ITE dan termasuk pengawasan terhadap subsidi pupuk yang begitu banyak tapi belum ada output.

“Kemudian, (kasus) kilometer 50 tadi, beliau secara langsung sudah menekankan untuk segera dilakukan apa yang menjadi rekomendasi Komnas HAM segera dilaksanakan. Mohon doa restu, mohon waktu, mudah-mudahan apa yang menjadi arahan bapak Kapolri saat pelantikan tadi merupakan arah yang diberikan kepada kami untuk mengemban fungsi penegakan hukum untuk bisa mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan,” ungkapnya.

Agus menyampaikan, penyidikan dan penanganan kasus membutuhkan waktu. Sementara, alat bukti sudah dilakukan pelimpahan dari Komnas HAM.

“Semakin cepat, semakin baik. Namun kendala dalam proses penyidikan pasti ada, mudah-mudahan bisa kita penuhi untuk bisa segera bisa memberikan kepastian hukum kepada para pelakunya,” katanya.[ery]

Pos terkait