Kasus SP3 Sjamsul Nursalim, KPK Siap Hadapi Gugatan MAKI

  • Whatsapp
Kasus SP3 Sjamsul Nursalim, KPK Siap Hadapi Gugatan MAKI
Plt Jubir KPK, Ali Fikri.[dok]

Monitorindonesia.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi gugatan praperadilan yang akan diajukan Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI).  KPK menyatakan pemberian SP3 ke tersangka korupsi Sjamsul dan Itjih Nursalim sudah benar.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan bahwa SP3 Sjamsul Nursalim sudah sesuai aturan hukum yang berlaku. Menurutnya, putusan akhir pada tingkat MA dalam perkara SAT (Syafruddin Arsyad Tumenggung) menyatakan ada perbuatan sebagaimana dakwaan tapi bukan tindak pidana.

“Kami memastikan penghentian perkara tersebut telah sesuai aturan hukum yang berlaku karena putusan akhir pada tingkat MA dalam perkara SAT  menyatakan ada perbuatan sebagaimana dakwaan tapi bukan tindak pidana,” ujar Ali Fikri, Jumat (2/4/2021),

Dia menyebut KPK telah berupaya maksimal dalam penanganan perkara tersebut. Salah satunya KPK pernah mengajukan upaya hukum luar biasa, yakni peninjauan kembali (PK) dan ditolak oleh MA.

Sebagaimana diberitakan, Koordinaor MAKI Boyamin Saiman akan mengajukan gugatan praperadilan atas penerbitan SP3 Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim oleh KPK. Kedua mantan tersangka KPK itu kini sudah bebas dari jeratan hukum.[cal]

 

Pos terkait