Kebun Palugada Lanal Simeulue, Jadi Percontohan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Kebun Palugada Lanal Simeulue, Jadi Percontohan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19
Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue dan anggota Lanal Simeulue bersinergi dalam mengembangkan Kebun Palugada yang menjadi percontohan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Selasa (23/2/2021) kemarin [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue mengunjungi kebun Palugada ketahanan pangan mandiri di Markas Komando Lanal Simeulue pada Selasa (23/2/2021) kemarin.

Palaksa Lanal Simeulue Mayor Laut (P) Martensyah mewakili Komandan Lanal Simeulue menerima kunjungan Dinas Pertanian dalam kegiatan peninjauan Kebun Palugada dan sosialisasi kegiatan pembuatan pupuk cair yang dapat digunakan dalam kegiatan perawatan tanaman.

Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan di Kebun Palugada dengan melihat langsung proses pengolahan lahan oleh prajurit. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue berhalangan hadir dan diwakilkan oleh PPL Dinas Pertanian Kecamatan Simeulue Timur.

“Saat ini sedang memasuki proses tanam tahap kedua yang akan dimulai awal Maret 2021 di Kebun Palugada Mako Lanal Simeulue. Kami berterima kasih atas kunjungan Dinas Pertanian,” ujar Martensyah, Rabu (24/2/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakannya hal tersebut merupakan langkah awal dalam bersinergi antara TNI AL bersama Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue.

“Pada masa panen tahap I sudah kita rasakan manfaat dan hasilnya dimana hasil panennya dibagikan kepada seluruh keluarga besar prajurit serta warga sekitar Mako Lanal Simeulue,” ungkap Martensyah.

PLL Pertanian Kecamatan Simeulue Timur mengajak Lanal Simeulue bersinergi dengan Dinas Pertanian untuk membangun dan memberikan edukasi kepada masyarakat Simeulue tentang pentingnya manfaat ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19.

Khususnya sektor pertanian bidang agrikultur yang dikelola oleh Lanal Simeulue serta sangat dirasakan manfaatnya dan dapat dijadikan contoh baik kepada masyarakat ataupun instansi pemerintah yang memiliki lahan kosong atau tidur agar bisa di manfaatkan untuk kegiatan ketahanan pangan.

Dalam kesempatan itu Dinas Pertanian juga memberikan edukasi pembuatan pupuk cair untuk mempercepat proses pembuahan kepada seluruh prajurit Mako Lanal Simeulue.

Sehingga nantinya dapat dirasakan hasil panen yang jauh lebih melimpah ruah dan aman dari serangan hama.

Rangkaian kegiatan Lanal Simeulue dengan Dinas Pertanian hari ini ditutup dengan sesi foto bersama di kebun Palugada Mako Lanal Simeulue.

Pos terkait