Kementerian BUMN Diminta Dukung PT Pindad dengan Ketersediaan Bahan Produksi

  • Whatsapp
Kementerian BUMN Diminta Dukung PT Pindad dengan Ketersediaan Bahan Produksi
Wakil Ketua DPR RI (Korpolkam), Azis Syamsuddin.

Monitorindonesia.com – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menekankan kepada Kementerian BUMN untuk memanfaatkan dan mendukung produk dalam negeri yang dihasilkan PT Pindad (Persero) sebagai industri dalam negeri. Terlebih, PT Pindad kini mampu membuat berbagai kebutuhan strategis negara, seperti alutsista, kendaraan atau mobil tempur, tabung gas, pemadam kebakaran sampai alat pertanian.

“Suport pembelian produk PT Pindad, juga harus dibarengi dengan ketersediaan dan kebutuhan PT Pindan itu sendiri. Termasuk PT Krakatau Steel, harus bisa menyediakan raw material kebutuhan PT Pindad itu sendiri. Seperti plat-plat baja, ini untuk menekan konten import,” kata Azis Syamsuddin dalam keterangan persnya, Senin (12/4/2021),

Pasalnya saat ini, sambung politisi Partai Golkar ini, 70 persen produksi yang dihasilkan PT Pindad, masih menggunakan produk impor. Padahal, ketersediaaan bahan baku lokal penting dan akan mengurangi beban devisa negara yang terbang.

Untuk itu, Azis meminta dan mengimbau kepada seluruh angkatan termasuk institusi negara untuk mengorder produk yang dihasilkan Pindad. Terutama kepada Kementerian BUMN beserta jajaran yang terkait, seperti Pertamina, untuk menggunakan produksi dalam negeri.

“Saya minta kepada Menteri BUMN, brother Erick untuk bisa mengatasi ini. Khususnya kepada PT Krakatau Steel untuk bisa memproduksi baja untuk digunakan PT Pindad dengan multiplier effect, sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo,” paparnya.

Terakhir, mantan Ketua Komisi III DPR RI itu mengaku optimistis memiliki pemikiran yang sama dalam mendukung industri pertahanan negara dalam negeri sehingga Krakatau Steel dapat aktif dalam menyediakan kebutuhan yang diperlukan.

“Selamat, semoga PT Pindad dan PT PAL dapat meraih sukses. Sukses untuk kemajuan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi,” pungkas Azis Syamsuddin. (Ery)

Pos terkait