Ketua MPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Flores

  • Whatsapp
Ketua MPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Flores
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. [Dok MI]

Monitorindonesia.com – Bencana banjir bandang yang melanda empat desa di tiga kecamatan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (4/4/2021) mengakibatkan jatuhnya korban. Data terkini, sebanyak 43 warga meninggal dunia dan 27 orang lainnya belum ditemukan akibat peristiwa tersebut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan rasa prihatin atas musibah bencana alam yang mengakibatkan korban jiwa dan banyaknya warga terpaksa harus mengungsi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Saya minta instansi terkait segera memberikan pertolongan bagi korban dan membangun posko kesehatan, serta mengerahkan tenaga kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan secara optimal dan menyeluruh kepada korban banjir bandang,” kata Bamsoet di kompleks parlemen Jakarta, Senin (5/4/2021).

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Dinas Sosial di daerah disamping mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu proses evakuasi serta mengkoordinir bantuan dari masyarakat serta lembaga. Pendataan keseluruhan kebutuhan pengungsi ditempat pengungsian, disamping mendata kerusakan baik rumah warga ataupun bangunan gedung yang terjadi akibat bencana banjir bandang tersebut.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi membantu korban terdampak bencana di NTT dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan para korban,” katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas bersama TNI-Polri untuk terus melakukan evakuasi warga terdampak banjir bandang tersebut. badan SARS harus tetap melakukan pencarian warga yang masih belum ditemukan dengan menelusuri seluruh wilayah terdampak bencana untuk menyelamatkan warga yang masih bertahan dan terjebak banjir bandang.[man]

Pos terkait