Komisi IV Kritik KKP Soal Infrastruktur di Sejumlah Wilayah

  • Whatsapp
Komisi IV Kritik KKP Soal Infrastruktur di Sejumlah Wilayah

Monitorindonesia.com – Anggota Komisi IV DPR RI Endang Setyawati Thohari mendorong kebijakan fiskal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kelautan. Mulai dari nelayan, pembudidaya dan petambak garam, serta masyarakat pesisir dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perikanan di seluruh Indonesia.

“Kami meminta KKP lebih berpihak pada peningkatan kesejahteraan nelayan,” ujarnya saat RDP Komisi IV DPR RI dengan Sekjen KKP; Irjen KKP; Dirjen Perikanan Tangkap; Dirjen Perikanan Budidaya; Dirjen PRL; Dirjen PDSPKP; Dirjen PSDKP; Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan; dan Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Bacaan Lainnya

Endang juga mengkritik infrastruktur di beberapa wilayah perikanan di Indonesia yang belum maksimal dan terjamah oleh KKP.

“Sekjen KKP juga perlu membenahi SOP, sebab sering ditemui SOP yang tidak sama. Ini tentu berpengaruh kepada citra KKP yang kurang baik,” kritik politisi Partai Gerindra itu.

Selain itu, Endang turut mencermati terkait beberapa program KKP salah satunya ekspor ikan hias. Menurutnya program tersebut harus dapat bersinergi dengan lembaga riset baik dari perguruang tinggi dalam maupun luar negeri. Endang berharap kerja sama dengan tenaga riset dapat mendorong penambahan pemasukan bagi para petambak nasional.

“Tentunya dengan menyesuaikan teknologi sesuai potensi di daerah masing-masing,” urai politisi dapil Jawa Barat III itu. (daf)

Pos terkait