Komisi VI DPR Sebut PT ASABRI Sudah Bangkrut

  • Whatsapp
Komisi VI DPR Sebut PT ASABRI Akan "Gulung Tikar"
Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa [Foto-Ist for MI]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Komisi VI DPR gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Utama PT ASABRI membahas tentang kinerja perusahaan di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa dalam rapat menyebut PT ASABRI saat ini akan “gulung tikar” setelah adanya korupsi dalam perusahan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Bagi saya memang Asabri ini kan bukan lagi berita baru, tapi sudah menjadi konsumsi publik cukup lama dan sebenarnya secara teknis Asabri sudah bangkrut sebenarnya,” ujarnya

Politisi Gerindra merasa takjub dengan masalah yang dialami oleh perusahan BUMN itu. Hal tersebut dikarenakan sistim pengawasan yang sangat ketat, baik dari segi internalnya maupun eksternal.

“Memang lagi-lagi miris bagi kami di Komisi VI DPR RI, karena memang kami tau industri jasa keuangan seperti asuransi yang non banking ini sebenarnya adalah industri yang diatur, dia kan high regulatory sekali, industri yang sangat ketat banyak aturannya,” tegas Hendrik.

“Dan ya memang sedikit miris itu karena dari sisi pengawasan di asuransi terutama di Asabri itu berlapis sekali, bayangkan saja internal ada dewan komisaris, ada one audit internal, eksternal itu ada TNI, ada Inspektorat Jenderal, Polri ada Irwasum, ada Departemen Keuangan, ada BPK, ada OJK bahkan ada satu yang bapak lalai untuk sebutkan disitu adalah Komisi VI DPR RI,” tambahnya.

Hendrik mengaskan, pengawasan yang dilakukan kepada Asabri adalah tugas dan tanggung jawab bagi Komisi Vl, karena Asabri merupakan mitra kerja dari DPR.

“Karena kewajiban konstitusional kita sebagai anggota DPR adalah melakukan pengawasan terhadap BUMN-BUMN yang merupakan mitra kerja Komisi VI. Jadi saya mau komplen juga buat pak Demer (Wakil Ketua Komisi VI) sebagai pimpinan, karena kita juga lalai melakukan pengawasan terhadap Asabri, saya harus sportif mengatakan demikian pak,” pungkasnya. (AAS)

Pos terkait