Koordinasi Antar Lembaga dan Institusi Tingkatkan Sinergitas dalam Penanganan Karhutla

  • Whatsapp
Koordinasi Antar Lembaga dan Institusi Tingkatkan Sinergitas dalam Penanganan Karhutla
Koordinasi antar lembaga dan institusi dalam penanganan karhutla.

Monitorindonesia.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta pimpin Apel Latihan Gabungan (Latgab) TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) dan Dinas Kehutanan. Latgab dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas antar lembaga dan institusi, pada saat terjadinya bencana alam, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), khususnya di Madiun.

“Harapan saya, setelah nanti mendapatkan ilmu terkait dengan penanganan bencana alam, tolong kalau ada kejadian lebih penting adalah sinergitas kita bersama dalam menghadapi bencana tersebut,” pesan Kapolda Madiaon Irjen Pol Nico Afinta saat menyampaikan sambutan dalam Latgab yang bertempat di Waduk Widas Kali Bening, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/4/2021).

Acara pembukaan Latgab SAR juga dihadiri oleh Danrem 081/Dhirotsaha Jaya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jatim, Bupati Madiun, Dandim 0803/Madiun, Dandim 0810/Nganjuk, Kapolres Madiun, Kapolres Madiun Kota, Kapolres Nganjuk, Wakil Wali Kota Madiun dan Kepala Kesatuan Pemangku Hutan Madiun.

Ditambahkan Nico bahwa komunikasi yang baik antar lembaga dan institusi pada saat terjadinya bencana alam akan mewujudkan kolaboraski yang baik pula. Karena, tidak ada permasalahan yang tidak selesai selama komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dilakukan.

“Saya dengan bapak Pangdam dan ibu Gubernur, sering kali mengalami bahwa komunikasi yang baik, koordinasi yang baik tentunya akan mewujudkan kolaborasi yang baik. Bahkan, dengan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi juga akan mempererat tali silaturahmi, dan perkuat sinergitas yang baik antara TNI-Polri maupun instansi lainnya,” pesannya.

Sementara itu, Kapolres Madiun AKBP Bagoes Pol Wibisono menyampaikan tugas SAR penanganan Karhutla menjadi tanggung jawab bersama yang merupakan misi kemanusiaan, mengingat kejadian bencana alam sewaktu-waktu bisa terjadi, maka kemampuan SAR dan penanganan Karhutla ini sangat diperlukan.

“Dengan adanya latihan gabungan ini, dapat meningkatkan kemampuannya serta berintegrasi secara kompak, sehingga setiap penanganan musibah ataupun bencana dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan optimal,” ucap Kapolres Madiun. (Ery)

Pos terkait