Korban Covid Meningkat, Pemerintah Diminta Siapkan Prasarana

  • Whatsapp
Bamsoet Pemerintah Antisipasi RS Covid-19
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. [Dok MI]

Monitorindonesia.com – Dalam dua hari terakhir, kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat. Dari yang semula sekitar 4.000 kasus positif per hari menjadi 5.000-6.000 kasus positif per hari.

Menanggapi hal itu,  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah bersama Satgas Penanganan Covid-19 sudah mempersiapkan sarana dan prasarana terkait penanganan terhadap orang yang terpapar positif Covid-19.

Selain itu memetakan kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus aktif, agar pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan yang tepat, seperti pengetatan wilayah hingga memasifkan 3T (testing, tracing dan treatment) guna mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 ke wilayah-wilayah lainnya.

“Pemda khususnya di daerah yang mengalami peningkatan kasus positif Covid-19 untuk dapat mempertimbangkan kebijakan karantina wilayah sebagai salah satu upaya dalam menekan angka kasus aktif Covid-19,” kata Bamsoet, Senin (24/5/2021).

Ia juga peminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka menanggulangi serta menangani lonjakan kasus yang terjadi, mengingat keberhasilan penanganan Covid-19 dapat lebih efektif apabila dilakukan secara bersama-sama.

Pemerintah daerah, sambung Bamsoet,  khususnya daerah yang mengalami kenaikan kasus kematian akibat Covid-19 untuk mengevaluasi penanganan kebijakannya. Angka kematian akibat Covid-19 dalam periode yang sama meningkat dari 2,71 persen menjadi 2,78 persen.

“Saya meminta penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dilakukan oleh semua pihak secara bersama, terutama adanya kesadaran serta kedisiplinan dalam diri masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,” katanya.[mar]

Pos terkait