KPK Bidik Mekeng dan Ignatius Jonan

  • Whatsapp
KPK Bidik Mekeng dan Ignatius Jonan
Gedung KPK Jakarta.[dok]

Monitorindonesia.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menelisik keterlibatan pihak-pihak lain pasca penangkapan Samin Tan buronan tindak pidana korupsi suap terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam kasus tersebut adalah Anggota DPR dari Fraksi Golkar Melchias Markus Mekeng dan mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

“Tentunya ini akan kita kembangkan seperti apa, Pak Mekeng, yang disebut juga Jonan nanti kita lihat sampai sejauh mana perannya,” kata Deputi Penindakan KPK Karyoto dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, KPK bakal menelisik perbuatan apa saja yang telah dilakukan oleh Samin Tan. Juga mendalami keterlibatan Jonan dan Mekeng.

“Bagi bagiannya berapaan itu nanti kita lihat, bukan hanya pengakuan saja kira-kira terhadap apa dia diberi berbuat untuk apa atau tidak berbuat untuk apanya jelas kalau itu dengan pasal suap. Apakah dengan pemberian itu misi dia selesai atau tidak bisa melihat nanti ke arah situ,” katanya.

KPK menangkap Samin Tan di Jakarta pada pada Senin (5/4/2021).
Samin Tan pun langsung ditahan. Perkara yang menjerat Samin Tan merupakan pengembangan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 13 Juli 2018.[man]

Pos terkait