KPK Tahan Mantan Direktur Jasindo Solihah

  • Whatsapp
KPK Tahan Mantan Direktur Jasindo Solihah
Gedung KPK Jakarta.[dok]

Monitorindonesia.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Direktur Keuangan dan Investasi PT Jasindo Solihah sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi pembayaran komisi kegiatan fiktif agen PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) persero dalam penutupan asuransi oil dan gas pada BP Migas-KKKS pada 2010-2014. Solihah ditahan selama 20 hari pertama di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Merah Putih KPK.

“Terhitung sejak 25 Mei 2021 sampai dengan 14 Juni 2021,” ujar Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2021).

Bacaan Lainnya

Perkara yang menjerat Solihah merupakan pengembangan penyidikan. Karyoto enggan merinci kasus yang menjerat Solihah. Solihah ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan pemilik PT Ayodya Multi Sarana (AMS) Kiagus Emil Fahmi Cornain. Kiagus sudah lebih dahulu ditahan.

Solihah ditahan belakangan karena mengaku sakit saat pemanggilan sebelumnya. Meski begitu, Solihah tetap dipanggil ulang untuk ditahan.

Kasus ini bermula ketika mantan Direktur Utama PT Jasindo Budi Tjahjono meminta Kiagus untuk melobi beberapa pejabat di BP Migas. Lobi dimaksudkan untuk melakukan pencarian asuransi fiktif di BP Migas.

Duit Rp 7,3 miliar dicairkan dari persekongkolan dua orang itu. Sebanyak Rp 6 miliar masuk ke kantong Budi. Sementara itu, Kiagus mendapatkan Rp 1,3 miliar.[mar]

Pos terkait