Komponen Kecil KRI Nanggala 402 Sudah Terangkat

  • Whatsapp
KRI Nanggala 402 Sudah Terangkat
Foto KRI Nanggala 402 yang diambil MV Swift Rescue Singapura dengan menurunkan ROV dan melakukan citra bawah air secara visual menggunakan kamera.[Ist]

Monitorindonesia.com – Pihak Angkatan Laut (AL) RI dilaporkan telah berhasil mengangkat komponen-komponen kecil dari kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Utara Bali pada Rabu (21/4/2021) lalu. Hal itu diungkap Asisten Perencanaan dan Anggaran Kasal Laksamana Muda TNI AL, Muhammad Ali dalam jumpa pers di RSAL Mintoharjo Jakarta, Selasa (4/5/2021).

“Sampai saat ini mungkin hanya bagian-bagian kecil saja yang bisa diangkat,” kata Ali saat jumpa pers di RSAL Mintoharjo Jakarta, Selasa (04/5/2021).

Bacaan Lainnya

Sementara untuk bagian komponen KRI Nanggala 402 yang besar masih belum bisa terangkat karena proses penangkatan badan kapal yang karam pada kedalam 838 meter memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

“Namun untuk bagian besar belum. Tapi akan kita updet lagi terakhir seperti apa, apakah sudah bisa, namun upaya ini terus kita lakukan,” ujar Ali.

Ali mengaku belum bisa menjelaskan evakuasi para korban Nanggala 402. Hal itu karena faktor medan laut Bali yang memiliki arus bawah laut memiliki tekanan yang mampu menarik ke dasar laut.

“Di mana di Laut Bali kita ketahui juga ada internal wave yang disampaikan beberapa waktu lalu kita sudah sampaikan. Jadi kita harus benar-benar hati-hati dan harus sabar. Kita juga menyiapkan KRI kita ada KRI Rigel, KRI Soputan, Kapal Tunda Samudera dan ada beberapa kapal lagi untuk pengamanan,” tandasnya.[Lin]

Pos terkait