KRI Teluk Manado 537 Berangkatkan Satgas Amankan Perbatasan Timor Leste

  • Whatsapp
KRI Teluk Manado 537 Berangkatkan Satgas Amankan Perbatasan Timor Leste
400 prajurit Yonarmed 6 Tamarunang yang bermarkas di Makassar upacara pelepasan Satuan Tugas (satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia dengan Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL) pada Jumat (26/2/2021) lalu [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – KRI Teluk Manado 537 melaksanakan Operasi angkutan laut militer mendukung pergeseran pasukan (serpas) Batalion Artileri Medan 6 Divisi 3 Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas (satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia dengan Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL) pada Jumat (26/2/2021) lalu.

Bagi KRI Teluk Manado 537, operasi ini mengawali tugas kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo pada 2021. Komandan KRI Teluk Manado 537 menyatakan kesiapan kapal perang dan pengawaknya dalam mendukung 400 prajurit Yonarmed 6 Tamarunang yang bermarkas di Makassar.

“Kami berangkat dari Markas Komando Kolinlamil Jakarta dengan mengemban perintah tugas mendukung operasi dukungan angkutan laut militer satgas pengamanan perbatasan RI – Republik Demokratik Timor Leste.

Dan kini kami telah siap menuju daerah sasaran” ujar Agung Ariwibowo, Minggu (28/2/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Alumni AAL tahun 2002 angkatan 48 ini menyatakan juga menyatakan kesiapan fisik personel pengawak kapal perangnya yang telah melaksanakan prosedur protokol kesehatan, sehingga prajuritnya dinyatakan non reaktif.

Begitu pula bagi prajurit Yonarmed 6 yang juga telah melalui protokol kesehatan ketika melaksanakan embarkasi. Sebelum pemberangkatan, diadakan upacara pelepasan yang dipimpin langsung oleh Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit, M.Si., di Dermaga Layang Mako Lantamal VI yang dihadiri oleh Komandan Lantamal VI Makassar Laksma TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., Ir Divif 3 Kostrad dan Komandan Satlinlamil 3 Makassar.

Dalam upacara pelepasan tersebut, KRI Teluk Manado 537 sandar di Dermaga Layang sebagai latar belakang dalam upacara Pemberangkatan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad agar masyarakat tahu salah satu alutsista TNI AL yang menjadi garda terdepan dalam mendukung operasi dukungan angkutan laut militer.

Sementara dari Mako Kolinlamil Jakarta, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla menegaskan berdasarkan Perpres 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI, dijelaskan bahwa Kolinlamil merupakan pembina tunggal angkutan laut militer TNI, sehingga unsur-unsur KRI Kolinlamil yang tergelar di 3 satuan pelaksana operasi, selalu siap untuk mendukung operasi dukungan angkutan laut militer ke seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia.

Pos terkait