KSAL: Kepingan Kapal Selam KRI Nanggala-402 Ditemukan

  • Whatsapp
KSAL: Kepingan Kapal Selam KRI Nanggala-402 Ditemukan
Ilustrasi KRI Manggala 402.[Foto/Indomiliter]

Bali, Monitorindonesia.com – Sejumlah kepingan atau komponen yang diduga dari kapal selam KRI Nanggala-402 telah ditemukan. Kepingan yang ditemukan tersebut diyakini tidak mungkin ditemukan jika tak ada keretakan di Kapal Selam KRI Nanggal 402.

“Beberapa kepingan dan barang di lokasi terakhir kapal selam tersebut terlihat saat menyelam,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4/2021).

Bacaan Lainnya

Yudo mengatakan, kepingan yang ditemukan penyelam diyakini bagian yang melekat di dalam kapal selam. Menurutnya, kepingan tersebut tidak akan terangkat ke permukaan air bila tidak terjadi keretakan di peluncur torpedo.

Bukti lain di lokasi hilangnya Nanggala 402 adalah tumpahan minyak oli dan sejumlah barang yang hanya dimiliki KRI Nanggala-402. Barang-barang itu seperti pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, pelumas periskope hingga alas yang biasa dipakai oleh ABK untuk salat.

“Di sekitar 10 mil tidak ada kapal lain yang melintas. Sehingga, kemudian dari para ahli, dalam hal ini adalah mantan-mantan ABK KRI Nanggala dan komunitas kapal selam diyakini ini adalah barang-barang milik KRI Nanggala,” jelas KSAL.

Kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan utara Bali, pada Rabu (21/4/2021). KRI Nanggala (402) merupakan kapal kedua yang menyandang nama Nanggala. Kapal pertama merupakan salah satu dari 12 kapal selam kelas Tjakra buatan Rusia (kelas Whiskey) yang di-scrap tahun 1970-an. KRI Nanggala memiliki 53 awak.[man]

 

 

Pos terkait