Kunjungi PNG Tanpa Izin, Mendagri Ultimatum Gubernur Papua

  • Whatsapp
Kunjungi PNG Tanpa Izin, Mendagri Ultimatum Gubernur Papua
Mendagri Tito Karnavian.[Foto/Kemendagri}

Monitorindonesia.com – Mendagri Tito Karnavian memberikan teguran keras terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe. Teguran diberikan lantaran yang bersangkutan melakukan kunjungan ke Papua Nugini (PNG) tanpa melalui mekanisme yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Prosedur itu dilanggar, itu melanggar hukum, ada sanksinya dan sementara diberikan teguran keras,” kata Tito Karnavian dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/4/2021).

Bacaan Lainnya

Tito menegaskan, setiap kepala daerah wajib mengajukan izin jika bepergian ke luar negeri. Hal itu diatur dalam dalam UU Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2019 tentang Tata Cara Perjalanan ke Luar Negeri di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah.

Tito menerangkan, Gubernur Papua Lukas Enembe beralasan, perjalanannya ke luar negeri dalam rangka menjalani berobat. Namun hal itu tetap tidak dapat dibenarkan.

Gubernur eembe, kata Tito, tidak pernah mengajukan izin kepada Kemendagri perihal keberangkatannya ke PNG. Bila memang sangat penting, sang gubernur bisa komunikasi ke Mendagri secara langsung.

“Setelah itu surat menyusul, kalau memang tujuannya untuk kepentingan kesehatan, pasti kita izinkan,” kata Tito.[ben]

Pos terkait