Kunjungi TPST Jakarta, Menteri Siti: Proklim Program Nyata Penanggulangan Perubahan Iklim

  • Whatsapp
Kunjungi TPST Jakarta, Menteri Siti: Proklim Program Nyata Penanggulangan Perubahan Iklim
Menteri LHK Siti Nurbaya menumpang motor saat mengunjungi TPST di wilayah Jakarta Utara.

Monitorindonesia.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengunjungi Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST), Benua Hijau yang berlokasi di RW 07 Komplek Perumahan Benua Indah, Karawaci, dan RW 01 Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/3/2021). Kedua lokasi tersebut merupakan percontohan program kampung iklim (Proklim) di DKI Jakarta.

Dikatakan Menteri Siti, Proklim merupakan program nyata penanggulangan perubahan iklim, yang akan terus diupayakan dapat direplikasi diberbagai tempat di seluruh Indonesia, sebagai upaya bersama masyarakat turut serta melakukan pengendalian perubahan iklim.

Bacaan Lainnya

“Konsep (Proklim) adalah bagaimana kita secara bersama-sama mulai memakai gaya hidup ramah lingkungan,” terang Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Partai NasDem itu menambahkan, Proklim di Indonesia telah berjalan di hampir 3 ribuan desa. Harapannya program ini dapat lebih banyak lagi direplikasi hingga mencapai 10-20 ribu kampung iklim di seluruh Indonesia.

Selain itu, lanjut Menteri LHK Siti Nurbaya, lokasi Proklim ini harus saling berjejaring atau terhubung satu sama lainnya, karena setiap kampung iklim memiliki cara dan keunikan sendiri. Dengan berjejaring, maka antar kampung iklim dapat saling belajar dan mencontoh agar menjadi semakin baik.

“Ayo bersama kita kembangkan pembentukan Kampung Iklim pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa,” ajak Siti Nurbaya. (Ery)

Pos terkait