Lansia, Penyintas, dan Pemilik Komorbid, Ibu Menyusui, Boleh Divaksin Covid-19

  • Whatsapp
Lansia, Penyintas, dan Pemilik Komorbid, Ibu Menyusui, Boleh Divaksin Covid-19
Illustrasi

Jakarta, Monitorindonesi.com – Kemenetrian Kesehatan kembali merevisi daftar masyarakat yang boleh menerima vaksin civid 19. Diantaranya, kelompok lansia, penyintas (penyakit sembuh covid 19), komorbid (penyakit penyerta), ibu menyusui hingga sasaran tunda.

Keputusan tersebut tertuang lewat Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dan dikeluarkan pada 11 Februari 2021.

“Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun keatas, komorbid, penyintas Covid-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan sebagaimana form skrining terlampir,” demikian surat edaran tersebut.

Pemberian vaksin untuk kelompok usia 60 tahun keatas, diberikan dua dosis dengan interval waktu 28 hari. Untuk penyintas, diberikan vaksin covid 19 setelah 3 bulan. Sementara untuk mereka yang menderita hipertensi, dapat divaksin jika tekanan darah dibawah 180/110 MmHg. Untuk sasaran tunda, akan diberikan informasi selanjutnya, kapan datang ke fasilitas layanan kesehatan untuk divaksin. (MI)

Pos terkait