Lantik 38 Pejabat, Yaqut Pastikan 7 Program Prioritas Kemenag Berjalan

  • Whatsapp
Lantik 38 Pejabat, Yaqut Pastikan 7 Program Prioritas Kemenag Berjalan
Pelantikan 38 Pejabat Eselon II Kementerian Agama [Foto-kemenag]

Monitorindonesia.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh pejabat memastikan tujuh program prioritas Kementerian Agama dapat berjalan. Hal ini ditegaskan usai melantik 38 Pejabat Eselon II Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta, Selasa (18/5/2021).

“Saya meminta seluruh pimpinan Kementerian Agama baik di pusat hingga daerah, di Kanwil maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri harus bisa memastikan tujuh kebijakan program prioritas Kementerian Agama berjalan dengan baik,” tegas Yaqut dalam keterangan resminya, Selasa (18/5/2021).

Adapun tujuh program prioritas tersebut meliputi

  1. Penguatan moderasi beragama
  2. Transformasi digital
  3. Revitalisasi KUA
  4. Cyber Islamic University
  5. Kemandirian Pesantren
  6. Ciptakan tahun toleransi pada 2022
  7. Religiosity index

Yaqut menilai tujuh program prioritas tersebut menggambarkan konfigurasi tugas dan fungsi unit eselon I dan instansi vertikal. Tujuh poin tersebut kemudian dijabarkan menjadi program kerja pada tahun anggaran berjalan.

Khusus terkait penguatan moderasi beragama, Yaqut juga meminta para pejabat Kemenag agar memiliki kemampuan untuk menjelaskan konsep tersebut kepada masyarakat.

“Para pejabat Kementerian Agama harus bisa menjelaskan kepada umat beragama bahwa moderasi beragama bukanlah pendangkalan akidah dan bukan pula sinkretisme pengajaran agama. Moderasi beragama memiliki landasan dan legitimasi logis pada semua agama dan memiliki parameter masing-masing” tuturnya.

Pos terkait