Larangan Mudik, Kakorlantas Polri Sekat 333 Titik

  • Whatsapp
pemerintah-serius-awasi-larangan-mudik
Ilustrasi mudik Lebaran. [ist]

Monitorindonesia.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan jajarannya menyiapkan pos penyekatan selama mudik lebaran tahun ini.

“Ini penting Jalur Selatan kita cek karena salah satu jalur utama karena tujuan paling banyak untuk mudik ini ke jalur Banyumas,” kata Istiono dalam keterangan Jumat (16/4/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, ada empat jalur di Jawa Barat yang perlu diwaspadai, yakni jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan, dan jalur-jalur selatan lainnya. Untuk larangan mudik Lebaran pada tanggal 6—17 Mei 2021.

“Ada 333 titik pos penyekatan. Ini kami tambah dari hasil evaluasi pada tahun lalu, yaitu 146 titik. Penambahan ini termasuk di jalur-jalur tikus,” katanya.

Terkait dengan sanksi bagi pemudik yang nekat, Istiono menegaskan sanksi diberlakukan bagi para pemudik hanya diminta untuk putar balik ke daerah asal.

Ia menegaskan bahwa operasi keselamatan ini merupakan operasi yang mengedepankan humanis dan persuasif. Untuk memastikan kesiapan anggotanya dalam mengantisipasi mobilisasi masyarakat pada masa mudik 6—17 Mei 2021, Istiono melakukan survei ke pos-pos penyekatan yang ada di jalur selatan.

“Kami all out 24 jam. Kami bagi tiga sif, setiap sif 8 jam. Jadi, tugas kami semua siap 24 jam penuh untuk menjaga pos,” kata Istiono.[ben]

Pos terkait