Larangan Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Aturan Teknis

  • Whatsapp
Larangan Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Aturan Teknis
Ilustrasi mudik Lebaran. [ist]

Monitorindonesia.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan aturan teknis terkait larangan mudik Lebaran 2021. Aturan teknis tersebut harus menunggu surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 mengenai perjalanan pada semua moda transportasi.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat intensif terkait masalah rencana perubahan surat edaran Gugus Tugas yang mengatur perjalanan untuk sektor transportasi darat, laut, udara dan kereta api.

Bacaan Lainnya

“Saat ini sedang tahap finalisasi,” ujar Budi dalam konferensi pers terkait Persiapan Hari Raya Idul Fitri, Jumat (26/3/2021).

Setelah Satgas Penanganan Covid-19 merilis surat tersebut maka Kemenhub akan menindaklanjuti dengan membuat aturan teknis yang merujuk pada surat edaran tersebut. Pelaksanaannya disesuaikan untuk masing-masing moda transportasi.

Termasuk, kata dia, pelonggaran untuk perjalanan kepentingan dinas dan sebagainya. Namun, Budi belum menjelaskan lebih rinci mengenai hal tersebut.

“Karena memang tidak semuanya dilarang mudik. Namun, ada potensi perjalanan untuk kepentingan dinas, dan sebagainya tentunya harus diakomodir pada moda transportasi yang ada,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan larangan mudik mempertimbangkan risiko penularan covid-19.[man]

Pos terkait